Salah Shampo Bikin Rambut Beruban ?Ternyata Selama Ini Kamu Salah

Suka sebel nggak sih kalo menemukan rambut beruban dirambut kita. Padahal usia kita masih muda dan tak tau kenapa uban tersebut tiba-tiba saja tumbuh dan menganggu estetika rambut. Hhm, kita mungkin bertanya-tanya dan kebanyak menganggap itu disebabkan oleh ketidak cocokan kamu terhadap merk shampo tertentu dan akhirnya membuat kesehatan rambut terganggu.

Nah, Sahabat padahal uban dirambut pada usia muda bukan saja hanya disebabkan oleh hal tersebut lho dikutip dari laman prevention.com, inilah beberapa penyebab kenapa rambut rentan beruban di usia muda (20an).

Merokok

Tak hanya meningkatkan risiko kanker, obesitas, gangguan jantung, ginjal dan paru-paru, merokok juga meningkatkan risiko masalah kesehatan kulit, mata dan rambut. Penelitian menyebutkan bahwa merokok bisa menyebabkan rambut mudah beruban di usia dini. Zat kimia yang terkandung dalam rokok juga membuat rambut terlihat kusam, kering dan kasar.

Stres
Sadar atau tidak, stres menjadi pemicu dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Tidak terkecuali menyebabkan masalah rambut beruban. Ya, stres atau tertekan bisa menghambat produksi melanin yang berfungsi untuk menjaga warna rambut agar awet hitam. Selain stres, berpikir terlalu keras dan berat juga memicu rambut beruban di usia muda.

woman-checking-gray-hair.jpg.838x0_q80
Genetik
Genetik menjadi penyebab paling sering kenapa rambut cepat dan mudah beruban. Cepatnya pertumbuhan uban sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Jika orang tua mengalami rambut beruban di usia muda, kemungkinan besar anak akan mengalami hal yang sama dengannya.

Nutrisi & Masalah Kesehatan
Gizi buruk bisa berpotensi meningkatkan risiko rambut beruban di usia muda. Kekurangan vitamin B-12, protein, vitiligo, tiroid, anemia dan masalah kelenjar lainnya menjadi penyebab lain dari tumbuhnya uban di kulit kepala.

How-to-Fix-Long-Hair-Problems
Kebersihan Rambut & Kulit Kepala
Rambut dan kulit kepala bersih akan membuat rambut terlihat awet terjaga, terawat dan cantik. Sebaliknya, rambut dan kulit kepala yang kotor akan memperburuk kondisi rambut, meningkatkan risiko rambut beruban dan masalah lain seperti rambut rontok, patah, bercabang hingga kering serta kusam.

Etnis & Gender
Studi yang dilakukan oleh para ahli kulit di Inggris tahun 2011 menemukan bahwa beberapa jenis etnis dan gender berpengaruh besar terhadap risiko rambut beruban di usia muda. Orang bule atau kulit putih, rambutnya akan beruban di usia tiga puluhan, sementara orang Amerika, Asia dan Afrika rambutnya akan beruban mulai usia empat puluhan tahun.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s