Hamil Lagi Tak Lama Setelah Oprasi Sesar, Awas Ini Resikonya

Sahabat Hawa, hamil memang menjadi anugrah tersendiri bagi pasutri yang tengah mendamba buah hati. Saking bahagianya banyak diantara mereka yang tak mampu memberi jeda panjang antara 1 kelahiran dengan kelahiran sebelumnya. 
 
Untuk yang melahirkan normal saja, sebaiknya jeda minimal 1 tahun. Lalu bagaimana dengan yang melahirkan dengan oprasi sesar lalu hami lagi.. ? Belum lagi jahitan caesar kering, tapi sudah hamil lagi. Lalu bagaimana menghadapinya dan apa saja risikonya?
 
Seperti dijelaskan dalam Parents.com, banyak dokter menyarankan bagi para wanita untuk menunggu 18-24 bulan jika ingin hamil lagi, apalagi jika melahirkan secara caesar. Jarak waktu ini memberikan waktu tubuh untuk pulih setelah operasi.
 
 
Penelitian juga menunjukkan bahwa hamil lagi kurang dari enam bulan setelah operasi caesar bisa meningkatkan risiko komplikasi seperti rahim pecah atau memiliki bayi dengan berat badan rendah selama kehamilan. Jika ingin mencoba melahirkan normal atau melalui vagina juga cukup sulit.
 
Tentu saja, ada banyak wanita yang hamil lagi dan bisa melahirkan bayi yang sehat meski belum lama menjalani operasi caesar. Tapi jika kamu berusia lebih dari 35 tahun, kamu tentu tak mau menunggu terlalu lama untuk bisa punya anak lagi karena risiko tingkat kesuburan yang menurun.
 
 
Jika sudah terlanjur hamil lagi padahal belum lama operasi caesar, pastikan saja bumil mencukupi nutrisi selama kehamilan, tidak banyak melakukan aktivitas berat, jangan terlalu lelah dan menjaga kesehatan secara umum.
 
Bisa hamil dan punya anak memang menjadi anugerah yang harus disyukuri. Anak adalah pelengkap rumah tanggamu yang indah bersama.
 
sumber : vemale.com 
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s