Belum Juga Hamil ? Coba Ingat, Mungkin Ini Penyebabnya

Memiliki keturunan adalah impian, bagi setiap wanita yang menikah. Tentu kehadiran buah hati dianggap sebagai suatu anugrah yang semakin melengkapi kebahagiaan dalam untaian kasih suami istri. Sebagian wnaita memang mudah saja hamil tanpa harus usaha keras dengan melakukan serangkaia program. Namun tak bisa dipungkiri banyak pula pasangan yang hingga kini belum memiliki keturunan sekalipun telah melakukan banyak usaha.


Lalu jika memang demikian, kiranya apa penyebab seorang wanita menjadi sulit untuk hamil ? Tentu ada berbagai faktor penyebab yang beragam namun dilihat dari kaca mata kesehatan berikut penyebab seorang wanita susah hamil diantaranya :

dietas-para-adelgazar-10-kilos-en-una-semana-720x300


Pola Hidup Tak Sehat

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa membuat seorang wanita susah hamil. Selain itu, obesitas, siklus haid yang tak teratur, dan kista juga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Wanita dengan kadar lemak tubuh yang rendah juga bisa susah hamil.


Kadar PH Tak Seimbang
Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, proses pembuahan telur memerlukan kondisi PH yang seimbang. Kalau PH di area Miss V tak seimbang, maka proses pembuahan pun bisa mengalami sedikit hambatan.

1
Kondisi Serviks atau Leher Rahim
Serviks atau leher rahim ini berfungsi sebagai penghubung antara rahim dan vagina. Setelah berhubungan intim, untuk mencapai rahim, sperma harus melewati serviks. Jadi kalau ada masalah pada serviks atau leher rahim, maka proses pembuahan akan terhambat.


Masalah Medis
Masalah atau gangguan medis seperti fibroid rahim, jaringan parut, infeksi, gangguan fallopii, endometriosis, dan polip bisa jadi penyebab seorang wanita susah hamil. Gangguan medis seperti itu bisa menghambat pergerakan telur ke rahim dan menyebabkan masalah susah hamil.

o-TEEN-DOCTOR-facebook
Doctor talking to patient in examination room


Faktor Usia
Usia juga bisa sangat mempengaruhi cepat tidaknya wanita hamil. Saat mencapai usia 35 tahun ke atas, seorang wanita akan lebih susah hamil. Hal ini bisa terjadi karena kualitas telur yang menurun dan berkurangnya kemampuan rahim melepas telur.


Mengalami PCOS
Apa itu PCOS? Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan pada keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Dan pastinya sangat berpengaruh pada proses ovulasi.


Nah, tak hanya itu Sahabat jika wanita memang tidak mengalami masalah tersebut bisa jadi faktor penyebab datang dari pria seperti kualitas sperma dan hormon. Untuk itu sebaiknya jika pasangan mengalami masalah kesuburan lebih baik segera periksakan diri kedokteruntuk pengobatan dan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat ya Sahabat Hawa..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s