Menstruasi Tak Teratur Jangan Dianggap Sepele, No. 2 Ini Yang Paling Parah

Sahabat Hawa, kamu pasti tau jika siklus menstruasi terkadang datang teratur, kadang tidak. Menstruasi yang normal adalah siklus yang terbentang antara 28-30 hari. Jadi jika menstruasimu datang lebih cepat atau lebih lama antara 1-3 hari itu mash tergolong normal. Namun jika sudah lebih dari 1 minggu itu berarti kamu harus mencai tau sebabnya. Terlalu lelahkah ?, banyak pikiran, atau nutrisi yang buruk. 
 
Sahabat, sebenarnya siklus menstruasi bisa datang teratur jika kamu mau melakukan pola hidup sehat seperti olahraga, makan nutrisi baik, seperti buah, susu, ikan dsb. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut siklus akan berjalan dengan normal kembali. Karena menstruasi yang datang tidak teratur jangan dianggap sepele. Jika berkesinambungan akan berdampak negatif pada tubuhmu, diantara : 
 
1. Mempengaruhi Tingkat Kesuburanmu
 
Bagi wanita yang sedang menanti kehamilan tentu siklus menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi karena proses ovulasi yang tidak teratur dan membingunggkan kalian dalam menentukan masa subur. Wanita yang ingin hamil perlu mengetahui masa suburnya karena disitulah ovulasi terjadi. JIka proses ovulasimu tidak teratur (yang ditunjukkan dengan siklus menstruasimu yang tidak teratur), maka tingkat kesuburanmu juga dapat terganggu, atau dengan kata lain peluang untuk hamil menjadi jauh lebih kecil.
 
2. Dapat Menyebabkan Kanker Rahim
 

 
Siklus menstruasi tidak teratur adalah salah satu dari gejala awal dari kanker rahim. Meski risiko kanker rahim ini masih dapat dihindari dan diobati jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter serta menjauhi gaya hidup yang dapat memperburuk kondisi kanker di rahim, seperti merokok dan minum alkohol dan hal buruk lainnya.
 
3. Ada Indikasi Penyakit Dalam Rahim
 
 
Selain dapat menyebabkan ketidaksuburan dan kanker rahim, siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat mengindikasikan penyakit rahim yang mungkin sedang dialami, seperti polip rahim dan sindrom ovarium poliktistik.
 
Nah, bagaimana Sahabat sudah taukan bahaya dari menstruasi tak teratur. Sahabat pada dasarnya setiap perempuan yang dilahirkan secara sehat dan normal tentu seharusnya memiliki kesehatan yang baik pula. Hanya saja seiring berjalannya waktu sebab pola hidup yang tidak sehat semua hal tersebut yang berdampak negatof pada tubuhmu akhirnya bisa terjadi. Ingat You are what you eat!, jadi jika kamu ingin sehat yuk coba memperbaiki nutrisi dari sekarang. Salam sehat sahabat Hawa…
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s