Sesar atau Normal, Melahirkan Itu Butuh Perjuangan, Ini Buktinya!

Proses kehamilan dan melahirkan adalah suatu moment berharga dan anugrah terindah yang dirasakan oleh seorang wanita. Pada masa-masa tersebut dirinya harus mempertaruhkan nyawa demi buah hati bersama sang suami tercinta. Tak terbayarkan memang rasa kebahagiaan wanita usai melaluinya apalagi ketika melihat bayi yang dilahirkannya begitu sehat dan sempurna. 
 
Melahirkan memang suatu pengalam luar biasa meski begitu setiap wanita punya cara yang berbeda dalam melalui prosesnya. Untuk menjawab rasa keingin tahuan kalian pada proses melahirkan berikut keajaiban dibalik proses melahirkan seorang wanita diantaranya :
 
1. Air Ketuban Bisa Saja Tidak Pecah
Kamu mungkin selama ini berpikir jika air ketuban selalu pecah ketika bayi ingin dilahirkan. Tapi kenyataanya air ketuban tidak selalu pecah dan jika sudah ada dorongan kuat sementara air ketuban belum juga keluar, dokter akan melakukan amniotomi, yaitu tindakan untuk memecahkan selaput ketuban.
 

2. Melahirkan Normal Berbeda Pada Setiap Wanita
Setiap wanita memiliki cara melahirkan normal yang berbeda. Sebagian mengalami persalinan yang cukup mudah, sementara sebagian wanita yang lain merasakan sakit hingga diperlukan epidural, yaitu anestesi yang disuntikkan ke punggung untuk mengurangi rasa sakit di bagian bawah tubuh. Proses ini tergantung pada kondisi tubuh masing-masing ibu hamil.
 
3. Obat Bius Epidural tak total menghillangkan rasa sakit. 
Dilasir dari huffingtonpost.com, menurut Dr. Eva Pressman dari University of Rochester Medical Center, untuk beberapa kasus, anestesi epidural tidak selalu bekerja saat melahirkan normal. Ini tergantung pada anatomi atau kondisi tubuh setiap wanita yang berbeda-beda. Ada yang benar-benar tidak merasakan sakit namun ada juga yang masih bisa merasakan sakit di sebagian tubuhnya.
 
4. Melahirkan normal, bersiaplah untuk Digunting dan Dijahit
 
Episiotomy adalah ketika perineum (area yang memisahkan vagina dengan anus) digunting untuk membuka jalan keluar agar bayi lebih mudah untuk keluar. Setelah digunting, dokter akan menjahit area tersebut untuk mengembalikannya ke bentuk semula. Maybe this is one of terrible thing you can imagine, tetapi berdasarkan pengalaman beberapa wanita yang sudah melahirkan normal dan ‘digunting’, mereka tidak merasakan apapun, kemungkinan karena sudah diepidural atau juga sudah merasakan nyeri yang jauh lebih sakit saat kontraksi.
 

 
5. Butuh waktu cukup lama untuk bayi agar bisa keluar
Jangan kira bayi akan keluar lewat 3-5 kali dorongan. Faktanya seorang wanita hamil minimal membutuhkan 1x dorongan atau setengah, 1, 2 bahkan 3 jam untuk mendorong bayimu keluar. Itulah sebabnya selama hamil seorang wanita disarankan mengikuti senam, bayak berjalan untuk mempermudah proses melahirkan normal.
 
6. Kamu bisa mengeluarkan kotoran saat mengejan
Saat mendorong bayi untuk keluar, ada kemungkinan kotoran yang tersisa didalam perutmu juga ikut keluar. Tak perlu khawatir, Dokter dan suster di rumah sakit sudah biasa menghadapi situasi ini, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ini terjadi padamu. Namun, kebanyakan wanita tidak menyadari saat ini terjadi. Untuk menghindarinya, ketahuilah bagaimana cara mengejan yang benar sebelum melahirkan dengan mengikuti yoga.
 
Nah, Sahabat itu dia tadi beberapa fakta menarik yang akan kamu rasakan jika nanti merasakan persalinan secara normal. Tak hanya normal, wanita melahirkan dengan proses sesar juga punya banyak resiko dan tak kalah berjuangnya dengan proses ini. Rasa sakit usai oprasi pada wanita sesar terasa lebih lama ketimbang persalinan normal. 
 
Apapun persalinannya seorang wanita telah berjuang selama 9 bulan lamanya dan bertaruh keselamatan saat melahirkan. Bagaimana dengan kamu, mana yang kamu pilih jika kelak melahirkan nanti, #teamnormal atau #teamsesar  ? Share ceritamu dikolam komentar yah..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s