Miss.V Wanita Hamil Terasa Lebih Rapat ? Fakta! Ini Penyebabnya

Proses kehamilan yang terjadi pada wanita tak dipungkiri bisa mengubah bentuk tubuh. Menjadi lebih besar, gemuk, bengkak, hingga perubahan warna kulit hingga munculnya jerawat dan lain sebagainya bisa saja terjadi. Tak hanya perubahan dari luar, soal bagian dalam ternyata wanita juga mengalami perubahan lho apa itu ? 
 
Ya, selain perubahan diluar wanita merasakan perubahan tepatnya pada bagian intim yaitu, Vagina.  Wanita hamil merasa vaginanya menjadi lebih rapat. Vagina terasa seperti sedang latihan kegel yang terus-menerus dan terus-menerus. Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah vagina saya lebih rapat saat hamil?
 
 
Menurut Dr. Amy L. Gilliland, Approved Doula Trainer and Doula Research Fellow di UW Madison Center for Child and Family Well Being,  perubahan yang dialami vagina selama kehamilan adalah normal. “Ukuran vagina tidak berubah selama kehamilan, tapi memang merespons hormon kehamilan dan terjadi peningkatan aliran darah,” katanya.
 
Lanjutnya, Gilliland menjelaskan selama kehamilan, volume darah seorang ibu dapat meningkat hingga 20 persen, yang berarti ada lebih banyak cairan yang beredar melalui sistem. Aliran darah yang ekstra ini bisa meningkatkan selaput lendir di seluruh tubuh, termasuk vagina, yang bisa membuatnya terasa bengkak. Bengkak ini mungkin menimbulkan rasa rapat saat hamil. 
Tak sampai disitu, kesiapan mental wanita hamil sangat berperan besar dalam kerapatan vagina. Menurut Psychology Today, jika wanita hamil merasa vaginanya terlalu rapat saat berhubungan seks, mungkin karena dia merasa ragu secara emosional atau mental tentang tindakan tersebut, atau dia secara fisik tidak cukup nyaman agar vaginanya rileks.
 
Meskipun terasa rapat ketika bergairah dan persalinan vagina bisa cukup mengendur, tapi saat timbul kegelisahan atau ketidaktertarikan vagina bisa kembali merapat. 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s