Apa Itu Tampon dan Kenapa Wanita Indonesia ‘Takut’ Memakainya ?

Sahabat Hawa, mungkin mendengar namanya saja kamu masih cukup asing ya. Apalagi untk menggunakannya. Di Indonesia ketika wanita mendapatkan menstruasi mereka cendrung memilih pembalut sebagai penadah darah yang keluar dari Miss.V. Padahal lain halnya dengan di negara lai. Diluar negri sepertti Amerika, Eropa tampon sudah sering digunakan oleh wanita meskipun mereka belum menikah dan masih perawan. 
 
Mirip seperti pembalut, pada dasarnya tampon punya fungsi yang sama dengan pembalut yang banyak kita pakai. Bedanya jika pembalut itu tipis dan melebar tampon bentuknya seperti tabung kecil dan ujungnya menguncup. Tak hanya bentuknya tampon juga dipakai dengan cara yang berbeda dengan pembalut. 
Tampon dipakai dengan cara dimasukan kedalam lubang Miss.V dan cara inilah yang dianggap menjadi alasan mengapa wanita Indonesia takut menggunakan tampon karena khawatir kehilangan ‘Kegadisan’ yang diIndonesia sendiri dianggap menjadi simbol kehormatan wanita yang belum menikah. Tak hanya itu, tampon yang dimasukan kedalam lubang vagina membuat kekhawatiran tampon akan masuk ke dalam tubuh, sampai takut terkena toxic shock syndrome yang merupakan infeksi bakteri dan bisa mengakibatkan kematian. 
 
Memang benar kalau selaput dara bisa saja robek saat menggunakan tampon, tapi kemungkinannya sangat kecil. Selaput dara juga bisa saja robek karena bersepeda atau berkuda dan itu enggak berarti kalau kita kehilangan keperawanan. Sedangkan toxic shock syndrome memang menghantui kita saat menggunakan tampon. Namun seiring perkembangan jaman ternyata juga ditemukan sama cewek yang pakai pembalut.
Nah, agar terhindar dari TSS yang bahkan dapat menyebabkan kehilangan nyawa, yang terpenting adalah rajin menjaga kebersihan vagina kita terutama saat menstruasi dengan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Meskipun tak semudah menemukan pembalut di Indonesia, tampon sering kali kita dengar di percakapan saat menonton film dan serial TV Hollywood yang bikin kita jadi bertanya, kenapa cewek-cewek di luar negri lebih sering pakai tampon dan apa sih enaknya menggunakan tampon?
 
Memakai tampon tentu punya sisi keuntungan dan kerugiannya sendiri. Tampon sangat baik digunakan apabila kita tetap ingin aktif beraktivitas saat menstruasi, terutama olahraga renang karena jauh lebih praktis. Kurangnya informasi mengenai tampon di Indonesia juga menjadi salah satu alasan utama kenapa tampon kurang populer di kalangan cewek-cewek Indonesia.
Terakhir, harga tampon di Indonesia yang cukup mahal dan sulit untuk ditemukan. Untuk sebungkus tampon berisi 16-20 buah harganya antara 80-90 ribu, sedangkan untuk pembalut biasa harganya 20 ribuan. Bagaimana Sahabat Hawa, apakah kamu masih tertarik dan ingin mencoba penggunaan tampon. Jika iya, tampon biasanya dijual di apotik dan Hypermart dengan barang yang lebih lengkap. 
 
Pada intinya apapun jenis pembalut yang kamu pakai, menjaga kebersihan saat menstruasi adalah hal terpenting yang harus dilakukan demi kesehatan dan keseimbangan Ph. Jika kamu pernah punya pengalaman dengan tampon jangan lupa untuk share dikolam komentar ya, jangan lupa lovenya. Semoga bermanfaat..
sumber gambar : viceindonesia.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s