Suka Masih Lapar Setelah Makan ? Jangan Malah Nyemil Ini Yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuhmu…

Sahabat Hawa, pernah gak sih dijam-jam tertentu meski kamu sudah makan tapi kayanya masih kepengin sekali nyemil. 1 snack, 2 snack, dan akhirnya keterusan kegiatan nyemilpun pada akhirnya malah bikin kamu kebiasaan dan justru lebih cepat bikin gemuk. Nah, dalam hal ini ada hal yang harus kamu tau untuk mengurangi kebiasaan kamu tidak sehat ini..
 
Sahabat, perlu kamu ketahui sebenarnya ketika kamu merasa lapar, tubuh sebenarnya sedang mengindikasikan keginan minum, rasa haus, atau dehidrasi. Seperti dijelaskan dalam penelitian yang terbit dalam jurnal Physiology & Behavior, 62 persen orang akan mengalami rasa lapar sebagai respon tubuh yang merasa haus. 
 
 
Itu artinya, tubuh salah mengenali rasa haus dengan rasa lapar sehingga kamu berpikir bahwa kamu sedang ingin makan. Padahal, yang dibutuhkan tubuh adalah air karena sebenarnya kamu sedang mengalami dehidrasi.   Solusinya, tentu saja minum air dulu sebelum memutuskan makan atau ngemil. Minum 1-2 gelas air putih dan tunggu beberapa waktu, jika tubuh sudah tidak merasa lapar, maka itu memang tanda bahwa kamu haus. Tapi jika sudah minum air tapi masih lapar, makanlah sedikit demi sedikit. 
 
 
Bisa jadi alasan lainnya adalah karena kamu sedang stres. Penelitian dari Harvard Health menemukan bahwa stres bisa meningkatkan nafsu makan sebagai respon pelampiasan perasaan tertekan. Tubuh terus memproduksi hormon kortisol sehingga meningkatkan nafsu makan. 
 
Cara paling baik tentu saja melepaskan stres, beri waktu istirahat untuk tubuhmu, lakukan hal-hal yang menenangkan dan membuatmu bahagia.  Jadi, jangan salah sangka dan mengira tubuhmu gampang lapar, karena sebenarnya kamu hanya sedang haus atau stres saja

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s