Tanpa Make Up Saat Hari Pernikahan, Pengantin Ini Lawan Stigma Negatif Banyak Orang

Sahabat Hawa, pernikahan adalah suatu moment sakral yang berkesan bagi siapa saja yang terlibat didalamnya. Jika banyak orang berlomba untuk mengadakan pesta besar dengan budget mahal serta memberikan yang terbaik dari apa yang dimilikinya. Berbeda dengan pasangan yang satu ini. 

Tak seperti pengantin lain pada umumnya yang akan memakai baju pengantin terbaik, berdandan secantik mungkin dan memakai semua perhiasan yang ia miliki, ia justru tampil sangat sederhana dan nyaris tak ber-makeup juga memakai perhiasan. Hal ini dilakukan Tasnim tentu bukan tanpa alasan. 

Wanita manis ini punya alasan kuat kenapa ia memilih tidak berdandan mewah di hari pernikahannya. “Aku memakai sari putih yang amat sederhana milik nenek saat menikah. Aku juga nyaris tak memakai makeup, tidak memakai perhiasan atau pun tampil mewah lainnya. 

Banyak yang bertanya padaku kenapa aku melakukannya. Dan inilah alasanku.” Paragraf di atas merupakan paragraf pembuka untuk kisah Tasnim Jara yang ditulisnya di sosial media pribadi facebooknya. Sebuah kisah sekaligus alasan kenapa ia memutuskan untuk tampil sesederhana mungkin di hari bahagianya bersama suami yakni di hari pernikahannya.

“Aku tidak pernah menghadiri pesta pernikahan di mana aku tak mendengar orang-orang bergosip. Bertanya seberapa banyak emas yang dimiliki, seberapa cantik makeup yang digunakan, seberapa indah gaun yang dipakai dan seberapa mewah pesta digelar. Ini membuat banyak pengantin akhirnya berlomba-lomba membuat pesta terbaik mereka. Memakai baju mahal, banyak perhiasan dan makeup yang terbilang berlebihan.


Baginya karena terlalu terobsesi dengan pesta yang mewah ini, mereka lupa jika mereka harus berlaku sesuai kemampuannya. Banyak pengantin yang memaksakan kehendaknya tampil mewah tapi lupa bahwa kebahagiaan tak selalu berhubungan dengan kemewahan.

Sudah menjadi pemikiran Masyarakat jika tampil sederhana saat hari pernikahan aka membuat kita tampak buruk dan tamu pasti bercemooh. Padahal, setiap orang punya keinginan masing-masing. kita memang seperti itu adanya. Secara pribadi, aku ingin masyarakat menghargai apa yang kita punya. Tak ada salahnya hidup sederhana. 

Setiap pengantin itu cantik meski hanya tampil sederhana. Bukan kemewahan yang akan membuatnya cantik, hati yang tulus dan percaya diri dengan apa yang ia punya lah yang membuat pengantin akan terlihat makin cantik.

Keputusanku awalnya membuat keluarga menentangnya dan berkata tidak akan pernah datang ke sini. Mereka bahkan mengatakan tak akan pernah berfoto denganku. Tapi perlahan mereka menerima keputusan ini, mulai menyadari bahwa apa yang aku putuskan tidak salah.” -Tasnim Jara

Bagaimana Sahabat Hawa, apakah kamu sependapatn dengan pemikiran Tasnim. Perlu diingat, bahwa pada dasarnya pernikahan adalah suatu hal yang dilakukan untuk menyempurnakan iman seseorang. 

Dengan menikah, hubungan kamu dengan pasangan akan menjadi sah dan segala yang dilakukan akan terlindung dari fitnah. Soal pesta atau perayaan yang mewah itu hanya nilai tambahan saja yang tak wajib dilakukan. 

Jika kamu punya impian untuk mengadakan pernikahan seperti Tasnim, cobalah berkonsultasi dengan pihak keluarga untuk menemukan solusinya yang tentu disesuaikan dengan kemampuan kalian. Semoga bermanfaat..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)