Malas Menyusui Karena Sibuk Kerja? Ini Dampak Buruknya Pada Payudara

Setelah melahirkan, memang penting bagi kita untuk menyusui buah hati. Idealnya, bayi menyusui pada ibunya hingga usia 1 sampai 2 tahun. Namun, karena saat ini banyak wanita  yang menyandang status sebagai wanita karir, tidak sedikit ibu yang terpaksa melewatkan aktivitas menyusui buah hatinya dengan alasan jauh dari buah hati dan bekerja. 
 
Sementara di tempat kerja, tidak sedikit wanita yang malah memompa ASI nya karena alasan lelah atau sibuk bekerja. Tentu saja, ini sangat disayangkan. Selain sebagai minuman bernutrisi tinggi bagi buah hati, ASI juga merupakan makanan buat buah hati. ASI adalah asupan nutrisi utama bagi bayi sebelum ia bisa mengonsumsi makanan lain.
 
Dikutip dari laman boldsky.com, produksi ASI akan stabil dan mencukupi selama kamu memiliki asupan nutrisi cukup, buah hati menyusu di waktu yang tepat dan aktivitas menyusui tidak terlambat dilakukan. Ketika seorang busui tiba-tiba memutuskan untuk melewatkan atau menghentikan aktivitas menyusui, ini bisa berakibat fatal terhadap produksi ASI. Ibu yang tidak menyusui hingga 2 hari dan tidak memompa ASI, ini bisa mengurangi produksi ASI di hari-hari berikutnya.
 
 Lebih parah lagi, produksi ASI akan benar-benar macet alias nol.
Para ahli mengungkapkan jika ketika bayi minum ASI banyak, maka produksi ASI juga akan meningkat. Tapi, jika bayi tidak mengonsumsi ASI sama sekali karena telah digantikan oleh susu formula atau lainnya, maka produksi ASI akan menurun bahkan berhenti total. Dan ini terjadi secara alamiah. 
 
 
Selain produksi ASI yang menurun, melewatkan aktivitas menyusui juga memungkinkan mengalami pembengkakan payudara, dada sesak, payudara terasa sakit dan iritasi pada puting payudara. Ahli menyarankan agar ketika hendak melewatkan atau menghentikan aktivitas menyusui, ia senantiasa berkonsultasi dengan dokter. Perlu diperhatikan penting juga bagi ibu untuk menghentikan aktivitas menyusui secara perlahan di waktu yang tepat. Semoga bermanfaat ya..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s