Keluhan Ibu Hamil Yang Sering Terjadi, Tapi Beresiko Besar Bagi Kesehatan Janin.

Sahabat Hawa, keluhan saat kehamilan sudah umum dan alami dirasakan oleh ibu hamil. Itu karena perubahan hormon dan bentuk tubuh yang disesuaikan dengan janin yang terus berkembang didalam tubuh. Tapi bagaiman jika keluhan yang dirasakan membuat ibu hamil tak nyaman bahkan hingga kesakitan. Bisa jadi keluhan kamu rasakan adalah tanda dari kehamilan beresiko. Seperti apa saja tandanya ini dia : 
 
1.  Pembengkakan. 
Saat hamil, tubuh memproduksi lebih banyak darah dan cairan untuk mendukung pertumbuhan janin. Ini membuat Ibu Hamil terlihat bengkak pada bagian wajah, tangan, juga kaki. Tapi coba perhatikan, jika pembengkakan terjadi tidak wajar dan hanya pada 1 bagian tubuh. Itu artinya Bunda mengalami pembekuan darah yang disebut Praeklamsia. Jangan didiamkan, Karena saat tekanan darah tinggi ini bisa berakibat fatal.
 
 
2.Mual dan Muntah.
Kedua hal ini sebenarnya wajar dialami ibu hamil terutama pada trismester pertama. Tapi jika ini terus terjadi efeknya bisa membahayakan Bunda. Resiko seperti dehidrasi, kurangnya elektrolit, kurang gizi, pusing, hingga penurunan berat badan justru bisa membuat fisik bunda lemah dan rentan , mengalami pendarahan. Jika hal ini terjadi segeralah  berkonsultasi dengan dokter..
 
3. Pendarahan Vagina
Hal ini merupakan kondisi serius. Pendarahan normal terjadi jika hanya sebatas flek atau bercak saja.Tapi jika volume darah sangat banyak bahkan seperti menstruasi. Bisa jadi itu menjurus pada tand keguguran. Perdarahan abnormal bisa disertai kram perut dan rasa nyeri, atau bisa juga tidak.
 
 
4. Sakit saat buang air kecil. 
Saat hamil, wajar bila Bunda mengalami rasa nyeri saat buang air kecil.Itu Karena perubahan tubuh yang terjadi seiring pertumbuhan janin. Tapi jika sakit semakin tak tertahankan, bisa jadi Bunda mengalami infeksi saluran kemih yang beresiko melahirkan secara premature hingga yang terburuk Janin ikut terinfeksi virus. Jika merasakan ini segera konsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih cepat.
 
5. Janin kurang aktif bergerak. 
Hati-hati kurang aktifnya gerakan janin dalam perut Bunda bisa mengindikasikan masalah pada kehamilan. Janin bisa saja kekurangan nutrisi atau oksigen. Jika ingin memastikan kondisi didalam sana, kamu bisa merangsang gerakan bayi dengan minum air dingin. Jika dia tak kunjung bergerak atau kurang dari 10 kali dalam dua jam. Segera konsultasi dengan dokter.
 
Bagaimana Sahabat, pernah atau sedang mengalami kondisi ini. Jika iya sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter demi keselamatan janin didalam kandungan. Jika ada yang pernah mengalami share yuk keluhan kehamilan dikolam komentar agar Sahabat Hawa lainya dapat informasi bermanfaat tentang cara menanganu keluhan kehamilan. Semoga bermanfaat ya..
 
FHAWA
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s