Daging Kambing Tak Semenakutkan Itu Kok, Asal Tau Cara Ini Sebelum Mengkonsumsinya

Pada moment idul Adha seperti ini, menu olahan daging menjadi santapan utama yang dinikmati sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, diantara kamu pasti setuju meski tau bahwa daging itu enak rasanya tapi jika dikonsumsi akan menimbulkan kecemasan seperti takut berat badan naik hingga kolestrol tinggi yang menyebabkan masalah pada kesehatan.
 
 
 
Padahal sebenarnya kamu tidak perlu takut berlebihan dalam mengkonsumsi daging karena  makanan tersebut juga terdapat ‘kolesterol baik’ yang nyatanya dibutuhkan oleh tubuh. Tapi untuk bisa mendapatkan manfaat baik dari olahan daging,tentu ada bebersps hal yang harus kamu perhatikan diantaranya : 
 
1. Lebih Selektif dalam Memilih Jenis Daging
Jika kamu penggemar daging-dagingan seperti sapi atau kambing, tapi tiba-tiba harus melupakan makanan tersebut hanya karena takut kolesterol tinggi. Semua bisa disiasati agar tetap bisa menyantap daging atau makanan hewani lainnya tanpa dihantui kehadiran kolesterol berlebih. Caranya adalah dengan selektif memilih daging, seperti berikut:
 
2. Pilih daging tanpa lemak
Hindari bagian dari daging yang mengandung lemak. Untuk potongan tanpa lemak pada daging kambing dan domba biasanya ada di daerah tenderloin (daging has dalam), loin chops (daging bagian punggung), dan daging kaki.
 
3. Pilih daging yang komposisi dagingnya 90 persen
Periksa daging yang akan kamu beli. Pilihlah potongan yang komposisinya lebih banyak daging daripada lemak atau tulangnya, yaitu 90 persen atau lebih. 
 
 
4. Perhatikan Cara Mengolah Daging
Cara mengolah daging sapi, daging unggas, dan daging kambing perlu diperhatikan untuk meminimalkan kolesterol yang masuk ke tubuh. Berikut ini cara mengolah yang dianjurkan untuk mengurangi lemak daging.
 
Sebagai catatan, ingat! Sebelum dimasak, potong dan buang lemak-lemak yang tampak pada daging, termasuk bagian kulit. Hindari mengolah dengan cara menggoreng, melainkan lebih bagus untuk memanggangnya. Sebagai gambaran, daging yang dipanggang hanya mengandung setengah lemak dari daging yang digoreng.
 
FHAWA
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s