Niatnya Cantik, Kesalahan Pakai Foundation Ini Malah Bikin Kulit Kamu Rusak

Foundation yang diaplikasikan diatas permukaan wajah berkerawat memang bukan langkah yang mudah. Salah sedikit saja, bisa jadi tampilan make up mu terlihat aneh dengan jerawat yang bahkan terlihat lebuh tebal. Hufh, nggak mau itu terjadi sama kamu kan ? Sebenarnya ketika kulit berjerawat memang lebih baik jika kamu tidak menggunakan make up. 
 
Tapi untuk keadaan tertentu seperti pada acara khusus kepesta, atau interview kerja boleh saja sih kamu menggunakannya. Tapi sebelum mencoba itu semua pastikan dulu kamu tidak melakukan hal-hal di bawah ini, ya!
 
1. Aplikator yang Digunakan dalam Keadaan Kotor
 

Aplikator baik berupa sponge ataupun kuas ternyata bisa jadi salah satu penyebab jerawat di kulit semakin parah. Saat ingin meratakan foundation ke kulit, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu aplikator yang digunakan sudah dalam keadaan bersih. Karena kalau tidak, debu yang ada pada aplikator akan bercampur dengan foundation, hingga kemudian ikut menempel ke kulit. Ujung-ujungnya, kulit kamu akan makin berjerawat.
 
2. Tidak Pakai Pelembap dan Primer
 

Memiliki kulit yang berjerawat memang serba salah, terkadang akan menjadi amat sangat kering, namun berminyak di beberapa bagian. Maka dari itu, tak heran jika foundation sulit sekali menempel pada kulit yang bermasalah seperti ini. Untuk mengatasi masalah ini, gunakanlah pelembap dan hydrating primer agar permukaan kulit terasa lebih halus. Dengan begitu, foundation pun akan lebih mudah melekat sempurna ke kulit.
 
3. Kulit Dalam Keadaan Tidak Bersih Maksimal
 

Kulit yang kurang bersih ternyata dapat membuat foundation tidak bisa menyatu secara maksimal. Karena itu, pastikan kamu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation. Cucilah wajah secara saksama dengan menggunakan facial wash. Bilas hingga bersih, kemudian keringkan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih. Setelah wajah sudah dipastikan bebas dari segala macam kotoran dan minyak, barulah kulit siap menerima tahapan selanjutnya.
 
4. Terlalu Banyak Menggunakan Setting Powder
 

 
Setting powder memang bisa membuat tampilan makeup lebih tahan lama. Namun, kalau dipakai secara berlebihan tentu akan membuat tampilan kulit wajah tampak cakey. Apalagi kalau digunakan pada kulit berjerawat yang tekstur permukaan kulitnya nggak rata. Nah, sebagai gantinya kamu bisa coba menggunakan setting spray untuk membuat tampilan makeup yang tahan lama meskipun wajah sedang berjerawat. 
 
5. Pakai Obat Jerawat Sehari Sebelumnya
 

Memakai krim atau obat jerawat pada wajah ternyata juga bisa jadi salah satu alasan mengapa foundation sulit melekat sempurna pada kulit. Biasanya, kulit wajah yang dioleskan krim jerawat akan menjadi sangat kering sehingga tekstur dari foundation pun akan sulit menyatu dengan kulit. Untuk meminimalisir masalah tersebut, jangan lupa untuk selalu menghidrasi kulit wajah dengan menggunakan pelembap dan primer sebelum mengaplikasikan foundation, ya.
 
Bagaimana, mudah bukan.. Ingat bagaimanapun caranya usahakan untuk mendahulukan kesehatan kulit wajahmu ya. Seperti jika memang kulitmu cendrung sensitif akan lebih baik jika kamu hanya menggenakan sedikit bedak saja untuk menutupi jerawat agar terkesan lebih natural. Semoga bermanfaat..
 
FHAWA
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s