Faktor Terbesar Wanita Sekarang Lebih Susah Hamil Dibandingkan Generasi Dahulu…

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa wanita jaman sekarang lebih sulit untuk hamil dibandingkan dengan wanita di jaman orang tua kita dulu. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Semakin tingginya aktivitas wanita diluar rumah dan banyak faktor lainnya cukup bisa dikatakan menjadi faktor masalah yang ganggu kesuburan wanita.  

Seperti yang dilansir Boldsky sebuah penelitian menemukan bahwa pria ternyata juga mengalami masalah yang sama. Jumlah sperma pria saat ini jauh lebih sedikit dibandingkan pria generasi sebelumnya. Berikut ini beberapa alsan mengapa wanita mengalami keterlambatan kehamilan 

Serviks

Organ reproduki ini terletak di antara rahim dan vagina. Setelah proses bersenggama, sperma akan mencapai rahim melalui serviks. Jadi, jika ada masalah di serviks Aroses perjalanan sperma ke rahim akan mengalami kesulitan.

Keseimbangan PH

Lingkungan vagina diharapkan mampu mendukung proses perjalanan sperma. Tingkat pH yang rendah atau tinggi mungkin akan mengganggu proses fertilisasi sel telur.


Kerusakan Uterus

Gangguan pada uterus berupa munculnya jaringan parut, infeksi, masalah pada tuba falopi, endometriosis, polip, dan kondisi medis tertentu lainnya dapat menyebabkan masalah reproduksi. Kondisi kesehatan di bagian uterus ini tentu saja akan menghambat pergerakan sel sperma dan sel telur sehingga kehamilan yang kamu dan suami harapkan akan tertunda.

Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS) bisa mengganggu proses ovulasi dan tertundanya kehamilan yang kamu harapkan.

Usia

Pertambahan usia seorang wanita akan memengaruhi proses terjadinya kehamilan. Wanita yang menginginkan kehamilan setelah berusia 35 tahun mungkin akan mengalami kesulitan. Kesulitan ini bisa disebabkan kualitas sel telur menurun dan ovarium kehilangan kemampuan untuk melepaskan sel telur.


Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia dan penyakit radang panggul juga bisa menyebabkan infertilitas. Selain itu, masalah kehamilan juga bisa disebabkan oleh kondisi seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan kista.


Faktor Pekerjaan

Studi juga menguak bahwa wanita di jaman sekarang yang terlalu aktif bekerja diluar rumah dan pulang saat larut malam. Cendrung sudah dalam kondisi tidak fit saat melakukan hubungan seksual. Tak hanya itu gaya hidup seperti seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji juga dianggap sebagai salah satu penyebab sulitnya hamil wanita dijaman sekarang.

Nah diantara banyaknya faktor di atas sebenarnya kamu dan suami masih bisa mengatasinya dengan segera dengan mengubah pola hidup dari sekarang. Jika kamu sudah terlanjur bekerja usahakan jangan pulang larut malam.

Dan kurangi aktivitas lain diluar pekerjaan agar kamu lebih punya banyak waktu untuk beristirahat dan bersama dengan suami. Selebihnya konsultasi dengan dokter ahli juga diperlukan untuk saran terbaik  yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan kamu dan pasangan. Jangan lupa untuk selalu berdoa semoga kehamilan yang kamu idamkan segera terealisasikan. Amin



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s