Kekinian Sih!Tapi Kebiasaan Ini Bikin Kamu Cepat Tua Lho..

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan awet muda tak peduli berapapun usianya. Tapi sayangnya seiring perkembangan jaman, kebanyakan wanita jaman sekarang kurang maksimal menjaga kesehatan kulitnya akibat berbagai faktor lingkungan yang bisa dibilang tak sebagi generasi pendahulunya. 
 
Seperti polusi, makanan cepat saji, pemakaian obat kimia dan stress menjadi pemicu mudahnya kerutan muncul dipermukaan kulit wajahmu. Nah mungkin hal itu bisa kamu hindari yah, seiring banyaknya informasi. Tapi kalo mengetahui fakta dibawah ini ternyata ada lho kebiasaan wanita yang sering dilakukan tapi mudah bisa bikin kamu cepat tua. Apa saja, ini dia.
 
1. Stres Budaya
Stres itu ada banyak jenisnya. Ada yang karena pekerjaan, ada yang karena kondisi keuangan, ada juga yang karena lingkungan sosial. Stres budaya ini beda dengan stres karena tekanan dalam lingkungan kerja. Stres budaya ini biasanya dipicu oleh sesuatu yang ada kaitannya dengan gadget dan akun media sosial kamu. Menurut dr. Murad, stres budaya bisa membuat kamu merasa terisolasi secara sosial, merasa tak semangat ketika bekerja, kepercayaan diri menurun, hingga kulit yang berkerut.
 Efek stres ini adalah karena faktor FOMO (fear of missing out) ketika kamu melihat teman-teman kamu post foto-foto berlibur yang seru atau ketika kamu melihat teman yang tampak bahagia bersama pasangannya di foto Instagram. Hindari stres budaya ini dengan mengurangi periode mengecek akun media sosial dan lebih sering beraktivitas di dunia nyata. Tentu saja, kamu juga harus mengurangi efek stres ini dengan menggunakan produk skin care untuk anti-aging.
 
2. Sering Selfie
Siapa gak suka selfie, mungkin kamu juga suka. Berapa kali dalam sehari kamu mengambil potret diri sendiri dengan ponsel? Ssst, sering selfie ternyata bisa bikin kamu cepat tua lho! Hal ini karena adanya high-energy visible light (HEV) alias pancaran sinar biru yang dihasilkan layar ponsel. Ada medan magnet yang memengaruhi kadar mineral pada kulit wajah dan bisa menyebabkan kulit menjadi berkeriput serta kusam. 
Bahkan, ada beberapa penelitian yang menyebutkan kalau sinar biru ini lebih berbahaya daripada sinar matahari, karena paparannya yang lebih dalam di kulit! Untuk mengatasinya, coba kurangi kegemaran kamu berselfie ria. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya sesering mungkin ya.
 
3. Kebanyakan nonton didepan layar
Emang sih, saat ada hari libur, enaknya diisi dengan maraton nonton film serial televisi yang sedang populer atau film streaming film bioskop yang kamu tak sempat menontonnya. Kegiatan ini sering disebut dengan istilah binge-watching. Siapa sangka hal ini juga akan bikin kamu cepat tua? Mirip dengan kebiasaan sering selfie, kegiatan menonton ini bisa menyebabkan beberapa hal buruk. 
Kulit menjadi cepat kusam karena adanya pancaran sinar biru dari ponsel atau layar komputer, otot punggung yang menjadi kaku karena posisi duduk yang sama selama berjam-jam, hingga kulit leher yang menjadi berlipat jika kamu menonton sambil tiduran. Bersenang-senang tak harus membuat kulit kamu tersiksa kan? Untuk menghindarinya, coba tonton film streaming dari televisi. 
 
Sambungkan komputer atau ponsel kamu agar bisa menonton dengan layar lebih besar dan jauh dari pancaran sinar biru. Pastikan juga posisi nonton kamu cukup tegak namun tetap nyaman. Kalau mau nih, kamu bisa nonton sambil menggunakan masker, lho. Hari libur kamu terpakai dengan efektif!
 
Gimana Sahabat, bisa nggak nih mengurangi kebiasaan diatas demi mendapatkan kualitas kulit sehat yang lebih baik. Bisa aja kok selama kamu niat dan nggak berlebihan dalam melakukannya semuanya pasti akan baik-baik saja. So mulai ubah kebiasan buruk dari sekarang yah. Selamat mencoba..
 
FHAWA
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s