Bawang Putih BIsa Bikin Subur, Tapi Cari Tahu Cara Menumisnya yang Benar!

Menumis bawang putih adalah langkah penting dalam proses penggorengan makanan. Namun, bawang putih memang terkadang membuat kita tidak nyaman, banyak orang yang mengeluarkan air mata saat memotong bawang putih karena rasa perih yang ditimbulkan oleh cairan di dalam bawang putih. Bahkan, “bau bawang” memiliki konotasi negatif bagi kita semua

1433073353435

Hanya saja, harus kita akui bahwa ketiadaan bawang putih akan membuat masakan menjadi hambar bukan? Bawang putih memberikan sebuah cita rasa yang menarik, terutama bagi masakan Indonesia dengan bumbu yang sangat khas dan memiliki cita rasa yang lebih kuat. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui cara menumis bawang putih yang benar. Jika salah sedikit, bawang putih bisa gosong dan memengaruhi rasa masakan.
Nah, apa saja yang harus kita lakukan supaya bawang putih tidak gosong saat ditumis? Berikut caranya:
 
1.       Cincang halus bawang putih
Bawang putih yang telah dicincang halus lebih mudah menyerap minyak dan lebih mudah digoreng ketimbang bawang putih yang masih utuh. Untuk itu, biasakan mencincang halus bawang putih hingga berbentuk seperti kerikil-kerikil kecil sebelum menumisnya di atas penggorengan.
 
2.       Jangan nyalakan api terlalu besar
Bagi orang awam, api besar dianggap ideal dan dianggap bisa mematangkan makanan dengan sempurna. Ini adalah hal yang salah. Api besar memang dapat memberikan efek panas lebih cepat, tetapi panas ini tidak merata.
 
Setelah memasukkan minyak, nyalakan api sedang dan jangan pernah mencoba api besar. Karena, api besar dapat menggosongkan bawang putih, dan tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?
 
3.       Ratakan minyak
Ratakan minyak goring hingga ke seluruh bagian penggorengan. Hal ini membuat minyak cepat panas, dan panas dari api tidak hanya berkumpul di satu titik saja. Ratakan minyak searah jarum jam, dan lakukan sekali saja supaya minyak tidak berkumpul di ujung sodet.
 
Usai meratakan minyak goreng, masukkan bawang putih yang telah diiris halus. Nah, jangan tunggu minyak menjadi terlalu panas ya! Masukkan saja bawang putih sebelum minyak memanas.
 
4.       Jangan diaduk
Ini adalah kesalahan yang biasa dilakukan seseorang saat menumis bawang putih. Mengaduk bawang putih dianggap sebuah hal yang lazim dan dapat membuat wangi bawang putih “keluar”. Padahal, bawang putih yang diaduk sebelum minyak panas dapat melekatkan bawang putih ke penggorengan, dan hal ini akan membuat bawang putih sulit untuk ditumis serta mudah gosong.

  1. Tumis hingga harum
    Setelah minyak memanas, baru aduk dan tumis bawang putih. Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menumis bawang putih? Sebetulnya tidak ada tolak ukur waktunya. Namun, pertanda bahwa bawang putih sudah selesai ditumis adalah ketika wangi khasnya dapat kita cium. Nah, setelah bawang putih selesai ditumis, baru kita bisa memasukkan bahan-bahan masakan lain.
    Ternyata menumis bawang putih sangat mudah bukan? Hanya memerlukan sedikit trik supaya bawang putih tidak gosong dan tidak membuat masakan kita mengandung cita rasa getir yang kurang mengenakkan. Selamat memasak ya!

 tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s