Usia 20an Masih Jerawat, Cek Pasti Kamu Suka Lakukan Hal-Hal Ini..

Mungkin kalo masih jerawatan saat ABG masih bisa dibilang wajar. Tapi kalo umur udah 20an dan kamu masih juga jerawatan artinya sih sunggu keterlaluan… Well, jerawat memag gak cuman keluar karena hormon sih bisa juga karena faktor makanan, polusi, kurang bersih hingga salah akai obat. Tapi jika memang ini masih terjadi diusiamu yang bahkan gak muda lagi. Waktunya kamu cari solusi nih apa sih sebabnya jerawatmu gak ilang-ilang. Yuk kenali penyebabnya.
 
Hobi Gonta-Ganti Produk Skin Care
Kadang karena penasaran kita jadi suka coba-coba menggunakan berbagai jenis produk perawatan kulit. Apalagi kalau ada yang lagi promo atau diskon, kita bisa langsung mencobanya tanpa berpikir dua kali. Padahal gonta-ganti produk ini bisa sangat berdampak negatif untuk kulit dan membuatnya jadi gampang berjerawat. Apalagi kalau wajah nggak rutin dibersihkan, jerawat bisa muncul kapan saja.
 
 
Salah Memilih Produk Kecantikan
Makeup dan produk kecantikan yang kamu pakai tidak cocok untuk kulitmu. Sehingga jerawat masih kerap muncul. Dilansir dari bustle.com, untuk pembersih wajah (cleanser) baiknya gunakan yang mengandung 2% asam salisilat dan gunakan pada pagi dan malam hari. Pastikan juga sesuai dengan tipe atau jenis kulit wajahmu, ya. Jangan sampai menggunakan produk yang malah membuat kulit jadi gampang berminyak dan memicu jerawat.
 
Pola Makan yang Buruk
Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis atau asin, ya. Pola makan yang buruk juga bisa jadi penyebab wajahmu gampang berjerawat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, minyak, dan bahan pengawet juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat di wajah.
 
 
Faktor Genetik
Yups, faktor genetik juga bisa jadi penyebab muka gampang jerawatan di usia 20an. Kalau kamu memiliki wajah yang gampang jerawatan, coba cek anggota keluargamu yang lain apakah mereka juga memiliki masalah yang sama denganmu. 
 
Hormon yang Tidak Seimbang
Hormon yang tidak seimbang seperti ketika akan haid juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Kalau selama ini kamu nggak menerapkan pola makan sehat dan cenderung jarang olahraga, jerawat yang muncul menjelang haid bisa sangat parah. 
 
 
Stres yang Meningkat
Di usia 20an kesibukanmu mungkin lebih padat daripada saat masih remaja. Belum lagi kalau kamu punya tanggung jawab pekerjaan atau mungkin rumah tangga yang cukup berat. Stres bisa meningkat setiap saat. Saat stres, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stres kortisol. Salah satu efeknya adalah munculnya jerawat sebagai salah satu mekanisme tubuh mengatasi stres. 
 
Efek Samping Penggunaan Obat-Obatan
Obat-obatan yang digunakan bisa memberi efek samping membuat wajah jadi gampang jerawatan. Kalau kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu dan wajah jadi jerawatan, coba konsultasi ke dokter. 
 
Gimana Sahabat dengan adanya info ini apa kamu mau mengurangi asupan makanan gak sehat… Well, coba dilatih untuk mengurangi mulai dari sekarang yah.. 
vemale.com
FHAWA
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s