Agar Lancar Persalinan Normal, Lakukan Gaya Ini Saat Senam Hamil…

Pada masa kehamilan, kita memerlukan perhatian lebih pada kondisi tubuh demi terjaganya kesehatan bayi dan ibu. Tak hanya pola makan yang harus diatur gaya hidup seperti olahraga perlu agar rutin dilakukan demi kelancaran proses persalinan. Ada banyak manfaat luar biasa yang bisa moms peroleh dengan tetap rutin melakukan olahraga. Seperti sejumlah manfaat berikut ini.

Memperkuat Otot-Otot Dasar Panggul

Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, untuk proses persalinan yang lancar penting untuk membuat otot-otot dasar panggul rileks. Bila selama hamil rutin melakukan olahraga khusus ibu hamil, otot-otot dasar panggul ini bisa lebih kuat. Sehingga bisa membuat otot-otot di area Miss V, saluran kemih, rektum, dan kandung kemih juga kuat.




Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Persalinan sangat menguras tenaga baik fisik maupun mental. Prosesnya bisa berlangsung berjam-jam lamanya. Di sini daya tahan tubuh ibu harus kuat. Bila selama hamil tetap rutin melakukan olahraga, proses persalinan nantinya juga diharapkan bisa lebih lancar.


Mencegah Kegemukan Selama Persalinan

Banyak faktor seperti usia dan berat badan yang mempengaruhi lancar tidaknya proses persalinan. Olahraga rutin ini bisa bantu mencegah kegemukan selama persalinan. Sehingga berat badan tetap terkontrol dengan baik.


Lebih Cepat Pulih Setelah Bersalin

Setelah melahirkan, proses pemulihan juga sangat penting. Agar bisa cepat pulih dan sehat setelah bersalin, kondisi tubuh ibu juga harus bisa tetap fit. Kalau selama hamil sudah rutin olahraga, proses pemulihan setelah bersalin ini bisa berjalan dengan lebih cepat. 




Memperkuat Otot Paha untuk Mencegah Stres Persalinan

Selama proses persalinan, otot paha juga perlu bekerja keras. Bahkan memiliki peran penting untuk membuat proses persalinan berjalan lancar. Kalau otot paha cepat lelah, bisa-bisa nanti menyebabkan stres persalinan. Untuk itu penting banget bagi ibu hamil juga olahraga rutin melatih otot paha agar kuat selama persalinan.

Well itu tadi manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika rajin melakukan senam hamil. Barengi juga dengan makanan sehat dan gizi seimbang demi kesehatan ibu dan bayi ya. Jika rutin melakukan ini semoga saja persalinan kamu bisa berjalan dengan lancar. 

FHAWA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s