Duh! Nyeri Saat Duduk Ketika Sedang Menstruasi, Kenapa Ya ?

Kebanyak wanita pasti pernah merasakan nyeri saat duduk ya ketika menstruasi datang.  Ketika buang air besar pun, kadang area panggul terasa nyeri. Hm, kondisi seperti ini normal nggak, ya? 

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, area punggung dan panggul yang terasa sakit selama haid masih tergolong normal. Penyebabnya bisa karena otot-otot yang tegang. Kembung, nyeri haid, atau kram perut bisa menyebabkan otot di area bokong tegang atau kejang.

Sehingga saat dipakai untuk duduk, rasanya agak sakit. Sejumlah pakar kesehatan memiliki pendapat bahwa rasa sakit di area bokong saat haid bisa terjadi karena kondisi rahim yang “miring”. Tapi hal ini jarang terjadi. Cuma biasanya akan disertai dengan nyeri haid atau kram perut yang cukup mengganggu. Penyebab lainnya duduk terasa sakit saat sedang haid adalah fibroid yang mendesak rahim. Fibroid adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada uterus (rahim). 

Jika hal ini yang terjadi, salah satu gejalanya adalah bisa terjadi pendarahan. Tapi kemungkinan lainnya adalah karena kurang serat atau mengalami konstipasi. Inilah kenapa saat haid penting sekali untuk minum banyak air dan mengonsumsi banyak serat untuk mengatasinya. Untuk meredakan nyeri dan rasa sakitnya, bisa dengan melakukan olahraga ringan, seperti yoga atau sekadar stretching. 

Bisa juga dengan mandi menggunakan air hangat. Kalau rasa sakitnya tak kunjung hilang, bisa jadi ada masalah pencernaan atau gangguan kesehatan lain. Agar kamu tak semakin cemas, konsultasi dengan dokter juga sebaiknya dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya kondisi buruk.

FHAWA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s