Agar Kepala Bayi Tak Peyang Setelah Dilahirkan, Hindari Kebiasaan Ini…

Setiap bayi memiliki bentuk kepala yang berbeda-beda ya Sahabat Hawa. Ada yang bulat, lonjong, dan ada pula yang peyang. Hah, peyang? Kok bisa sih? Kepala bayi yang peyang atau tidak rata memang terkesan asing dan aneh ya. Namun, bentuk kepala rupanya tidak memengaruhi pertumbuhan otak Si Kecil, hanya saja dapat menyebabkan pertumbuhan wajah dan kepalanya tidak merata. Cukup bahaya juga ya Sahabat Hawa.

Jika buah hati kamu terlahir dengan kepala peyang atau tidak rata, hal itu tentunya dapat membuatmu cemas dan merasa khawatir. Bayi dilahirkan dengan kepala yang lunak dan hal itu memungkinkan pertumbuhan otak yang berkembang seiring bertambhanya usia Si Kecil.


kepala bayi tidak rata bisa disebabkan karena posisi tidur yang tidak baik

Biasanya, bentuk kepala bayi terlahir aneh karena disebabkan oleh tekanan saat kamu melahirkan. Umumnya sih bentuk aneh pada kepala bayi bisa memperbaiki dirinya sendiri atau setidaknya akan berubah salam waktu 6 minggu. Tapi, ada juga lho yang tidak kembali ke keadaan normalnya. Nah, kalua hal ini nnisa disebabkan oleh dua hal medis, yaitu plagiocephaly dan brachycephaly.

Kedua keadaan medis itu ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti posisi tidur bayi berjam-jam dengan posisi terlentang yang dapat menyebabkan kepalanya rata di satu tempat, bayi kamu mengalami ketegangan otot leher yang bisa membuat kepalanya menjadi peyang, serta adanya masalah di dalam rahim saat kamu mengandung dan masalah di bagian lempeng tengkoraknya.


rutinlah melakukan pemeriksaan kehamilan

Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika kepala bayi kamu tidak rata?

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan yaitu mengubah posisi tidur Si Kecil. Bayi yang tidur terlentang terlalu sering kemungkian akan meninggal karena SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Untuk mencegahnya, kamu harus sesering mungkin dapat membalikkan kepala bayi ke sisi kanan atau kiri guna menghindari kepala bayi peyang ya Sahabat Hawa.


Cobalah untuk memindahkan posisi tidur Si Kecil

Selanjutnya, cara yang dapat kamu lakukan adalah memperhatikan cara menggondongnya. Peganglah bayi dengan tegak, baik saat berpelukan atau saat bayi tengah kamu gendong miring. Hal ini dapat menekan bagian belakang kepalanya dan tidak menyebabkan kepala bayi peyang ya.

Jika perubahan posisi tidur bayi dan cara lainnya tidak menghasilkan apa-apa, ternyata kepala bayi peyang bisa kamu siasati dengan menggunakan helm khusus. Cara ini dipercaya dapat memperbaiki bentuk tengkorak bayi saat mereka tumbuh. Penggunaan helm khusus ini dimulai saat tengkorak bayi masih lunak, yaitu sekitar usia lima atau enam bulan. Dan helm khusus ini selalu dipakai selama 23 jam untuk beberapa bulan lamanya.

Kepala bayi peyang bukanlah termasuk ke dalam keadaan darurat medis Sahabat Hawa. Namun, tidak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter anak guna mengetahui penyebab pasti.

Usahakan untuk tidak terlalupanik ya Sahabat Hawa. Lakukan selalu pemeriksaan untuk Si Kecil selama dala kandungan. Setidaknya hal ini dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan.

VHawa.

 

Dapatkan jadwal menstruasi dan pengingat masa subur dengan mendownload Aplikasi Hawa di Google play!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s