Si Kecil Jatuh Dari Tempat Tidur, Tenang Dan Segera Lakukan Hal Ini

Siapa sih orang tua yang tidak khawatir jika buah hati kesayangannya terjatuh? Lalu, apa yang kamu lakukan Sahabat Hawa jika buah hatimu jatuh dari tempat tidur? Apakah kamu pernah mengalaminya?

Memiliki tulang kepala yang masih lunak, membuat bayi kamu riskan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya jatuh dari tempat tidur. Kamu pasti akan merasa cemas bukan, jika buah hatimu mengalami hal tersebut? Bayi yang jatuh, entah dari tempat tidur atau tidak, tentunya bisa saja mengalami memar, benjol, atau bahkan keseleo.

anak kamu bisa saja terjatuh saat naik tangga tanpa pengawasan

Dan hal itu kerap membuatmu bertanya-tanya, apakah bayimu akan baik-baik saja atau hal tersebut bisa berbahaya untuk pertumbuhan otaknya? Tenang ya Sahabat Hawa, jangan cemas. Meski bayi jatuh dari tempat tidur, hal itu bukanlah hal yang terlalu berbahaya.

Terkadang, bayi yang terjatuh kerap mengalami luka. Jika Si Kecil memiliki luka goresan, kamu bisa segera mengobatinya Sahabat Hawa. Bagaimana caranya? Segera cucilah dahulu tanganmu sebelum mengobati lukanya dengan menggunakan air dan sabun agar tanganmu dalam keadaan steril.

bayi bisa terjatuh di mana saja

Lalu, gunakan air hangat untuk membasuh darah pada lukanya. Mungkin hal ini akan perih dan bayimu akan nangis, namun kamu harus melakukannya secara perlahan ya. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kasa kering yang steril dan tepuk lembut pada bagian lukanya. Lakukan hal tersebut sampai darah Si Kecil berhenti. Namun, jika darahnya tidak kunjung berhenti, kamu bisa menekana kasa tersebut agak kencang sedikit selama lima menit.

Kamu juga bisa menggunakan obat salep antibakteri seperti Bacitracin atau Neosporin. Oleskan tipis dibagian luka Si Kecil. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya infeksi. Jangan lupa, kamu harus mengganti perban secara rutin ya agar luka anakmu cepat kering dan pulih.

pastikan bayimu berada di tempat yang nyaman

Nah, jika Si Kecil tidak sadarkan diri atau muntah setelah terjatuh, maka kamu harus berhati-hati untuk mengatasinya. Jika ia tidak sadarkan diri atau tidak bisa bergerak, maka kamu jangan pindahkan posisinya ya. Jika peristiwa tersebut membuat tulang belakangnya terluka, maka memindahkan posisinya bisa memperburuk keadaan bayi. Tidak hanya itu, bayi yang tidak sadarkan diri sangat membutuhkan penangan medis. Segeralah hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk menanganinya. Dan jika Si Kecil muntah, pastikan lehernya tetap dalam keadaan lurus ya.

Jika Si Kecil tidak terluka atau mengalami memar setelah terjatuh, kamu harus berusaha untuk menghiburnya untuk mengalihkan rasa sakit dan kaget yang ia alami. Sembari bercanda dan bermain dengannya, pastikan kembali apakah kepala dan sekujur tubuhnya terdapat luka atau tidak.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang diinginkan dan mensiasati Si Kecil agar tidak terjatuh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan Sahabat Hawa. Yaitu jangan meninggalkan bayimu sendiri tanpa ada pengawasan dari orang dewasa, selalu perhatikan lingkungan sekitarnya baik itu tempat tidur atau mainannya yang berbahaya, dan pastikan kasur atau tempat tidurnya aman dari beragam macam bahaya yang bisa saja membuatnya terjatuh.

VHawa

Dapatkan catatan menstruasimu dan jadwal masa subur dengan mendownload aplikasi Hawa di Googleplay!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s