Ciri-Ciri Rahim Sehat Yang Sebaiknya Kamu Ketahui Jika Mau Hamil

Setiap wanita terutama yang baru menikah tentu mendambakan kehamilan setelah menikah. Tapi untuk mewujudkan hal tersebut apakah kamu sudha mengetahui apa saja cir-ciri rahim yang sehat dan baik untuk di buahi? Rahim yang sehat adalah bekal juga bagi para wanita untuk kemudian bisa hamil dan memiliki anak dengan lancar. Para wanita kini menjadi lebih khawatir akan kesehatan rahim karena pada zaman sekarang, mulai banyak kasus kanker serviks maupun kanker rahim.
 
Penyakit tersebut kerap mengancam banyak wanita, parahnya kondisi itu juga bisa menjadi faktor seseorang menjadi sulit untuk punya anak. Nah agar terhindar dari keadaan itu yuk ketahui dulu ciri-ciri rahim sehat dilansir dari halosehat.com, ini dia :
 
1. Tidak Terkena Penyakit Menular Seksual
PMS atau Penyakit Menular Seksual jelas adalah jenis penyakit menular yang tak bisa diabaikan. Penyakit seperti gonore atau klamidia akan menjadi penyebab dari timbulnya sakit radang panggul. Setelah dari panggul, maka penyebaran pun terjadi dan ini bisa mencapai organ reproduksi pada wanita.
 
 
Jaringan parut pada ovarium, saluran tuba dan bagian/organ lainnya kemudian akan muncul di mana ini dipicu oleh infeksi. Hal ini akan mencegah ovulasi dan akhirnya makin menurunkan risiko kemampuan seorang wanita untuk bisa mengandung. Itulah mengapa penting untuk mengecek kesehatan secara rutin, apalagi kalau sudah menikah dan berencana untuk mempunyai anak.
 
2. Berat Badan Ideal
Meski wanita yang memiliki masalah kelebihan berat badan pun banyak yang memiliki rahim sehat juga, tapi ciri seorang wanita berahim sehat adalah mempunyai berat badan yang normal. Karena tak bisa dipungkiri juga bahwa berat badan yang kurang normal atau tidak sehat bisa memicu terganggunya keseimbangan hormon di dalam tubuh.
 
Ketika hormon tidak seimbang, otomatis keberhasilan ovulasi menjadi terganggu. Bahkan ada juga pada beberapa kasus di mana ovulasi terhenti total. Sedangkan untuk wanita-wanita kurus, energi akan lebih hemat, yakni dengan menghentikan proses ovulasi. Jika sampai berkelanjutan, maka mandul adalah ancamannya; maka dari itu, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk adalah yang paling baik.
 
3. Berasal dari Keluarga yang Tak Ada Masalah pada Rahim
Rahim yang sehat juga bisa ditentukan oleh riwayat kesehatan keluarga. Seperti biasa, faktor genetik selalu memengaruhi kesehatan seseorang, ini juga termasuk dalam hal kesehatan rahim. Kesehatan rahim yang normal bisa saja dikarenakan anggota keluarganya tidak ada yang mempunyai riwayat kesehatan yang berhubungan dengan rahim.
 
 
Ketika keluarga juga diketahui dalam kondisi yang subur dan mempunyai banyak anak, maka tidaklah heran bahwa kondisi Anda juga bakal subur. Rahim sehat dan subur bisa dicek dari riwayat kesehatan keluarga mulai dari sekarang, seperti dari sisi ibu, nenek dan bibi Anda. Bagaimana dan seperti apa keturunan pada keluarga juga berpengaruh terhadap seorang wanita.
 
4. Siklus Haid Normal
Jika menstruasi teratur, maka tak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada rahim. Rahim yang sehat juga dipengaruhi oleh siklus haid yang lancar;  saat datang bulan teratur, otomatis ini tandanya ovulasi menjadi teratur juga. Karena periode datang bulan lancar, ini jugalah yang bisa membantu wanita tahu kapan kemungkinan bisa hamil itu paling tinggi.
Ovulasi biasanya bakal terjadi di area pertengahan siklus; siklus datang bulan sendiri yang dianggap normal adalah selama 24 dan 35 hari. Tanda dari sedang terjadinya ovulasi adalah munculnya rasa nyeri di bagian payudara dan perut, gairah seks yang meningkat, suhu tubuh yang naik, serta rasa kembung.
 
5. Tidak Stres
Seorang wanita dengan rahim sehat biasanya jauh dari stres karena stres mampu menjadi penyebab paling besar yang mengganggu kesehatan rahim. Stres adalah faktor yang bisa memicu sulit hami. Fakta lainnya, stres pada wanita juga menyebabkan si wanita akhirnya menghasilkan hormon kortisol serta prolactin.
 
 
Ketika kedua hormon diproduksi secara aktif, ini akan cukup mengganggu nantinya di mana akan menjadikan ovulasi terhenti. Apabila ini terjadi secara jangka panjang, daya tahan tubuh dipastikan berkurang. Kemungkinan untuk bisa mengandung pun menjadi turun drastis karena jika hamil malah berpotensi membuat fungsi kemampuan tubuh dalam menangani stres menjadi dalam kondisi bahaya.
 
Bagaimana Sahabat Hawa, itu dia beberapa ciri dari rahim sehat yang paling mudah untuk diketahui. Diluar hal tersbeut tentu banyak hal yang mendukung rahim menjadi sehat diantara menjalani gaya hidup sehat tidak merokok, dan minum alkohol oh ya konsumsi junkfood juga tidka disarankan lho jika kamu sedang ingin hamil. 
 
Sesekali sih boleh saja tapi usahakan untuk dibatasi ya. Jika diantara kamu mungkin ada yang menunjukan gejala rahim tidak sehat sebaiknya sedini mungkin segera berkonsultasi kedokter untuk penanganan yang lebih lanjut. 
FHAWA
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Satu pemikiran pada “Ciri-Ciri Rahim Sehat Yang Sebaiknya Kamu Ketahui Jika Mau Hamil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s