Kenali Tanda Penuaan Dini Pada Kulit Biar Kamu Bisa Cepat Mengatasinya

Beragam masalah kulit bisa saja mengintai Sahabat Hawa kapan pun lho. tidak harus berusia 40 tahun ke atas, penuaan dini pada kulit bisa terjadi di usia kamu yang mungkin masih belasan hinga 20-an.

Masalah kulit seolah menjadi mimpi buruk yang amat sangat tidak kamu inginkan kehadirannya, bukan? beragam cara kerap kamu lakukan guna mendapatkan kulit yang tetap sehat dan kencang.

munculnya jerawat dan bintik hitam dapat memicu penuaan dini pada kulit

Namun nyatanya, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab penuaan dini pada kulit. Beberapa penyebabnya sangat erat berada di sekitar kamu lho Sahabat Hawa. misalnya,paparan sinar matahari yang terlampau sering, kebiasaan buruk seperti merokok, cuaca yang buruk, tidak rutin menggunakan tabir surya, hingga pola makan yang buruk.

Usia kulit tidak sama dengan usia kamu Sahabat Hawa. jika usia kamu sekarang 30, mungkin saja usia kulitmu bisa 50 tahun. Kok bisa? Iya, karena kulit bisa mengalami penuaan, yang tidak sesuai dengan usiamu.

kulit kering juga bisa menjadi tanda penuaan kulit

Faktor genetik atau keturunan, juga diduga dapat menyebabkan masalah ini pada kulitmu. Selain itu, jika kamu memiliki kegiatan di lapangan dan melakukannya sering, ternyata paparan polusi dan udara juga bisa menyebabkan radikal bebas menempel dan merusak sel kulit kamu.

Semakin usiamu bertambah, maka produksi kolagen yang dibutuhkan oleh kulit akan semakin berkurang. Hal ini dapat membuat kulitmu menjadi kendur, dan kehilangan struktur pendukungnya.

Lalu, gimana sih cara mencegah atau meminimalisir masalah penuaan dini pada kulitmu?

Ada beberapa hal yang sangat penting kamu ketahui, di antaranya:

Kamu memiliki tugas penting untuk selalu melindungi kulitmu. Ya, kulitmu perlu perlindungan dari paparan sinar matahari, polusi, dan juga radika bebas. Caranya, gunakanlah tabir surya baik saat berada di ruangan atau tidak. Jangan pikir di dalam ruangan tidak ada radikal bebas ya. Setidaknya, gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih. Oleskan secara merata di bagian tubuhmu yang tidak tertutup pakaian.

hentikan kebiasaan merokok

Kamu juga harus membatasi kegiatan di lapangan, khususnya saat jam 10 pagi hingga 3 sore ya. Karena saat ini, cahaya matahari bisa membuat kulitmu rusak hingga menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Jika kamu seorang perokok, maka segera berhentilah. Rokok juga menjadi salah satu penyebab timbulnya penuaan dini pada kulit kamu. Seperti keriput, kulit kusam, dan juga tidak bercahaya.

Apakah kamu adalah orang yang malas olahraga? Lebih baik sekarang berubahlah. Mengapa? Karena malas olahraga juga dapat membuat kulitmu mengalami penuaan. Orang yang rajin berolahraga setidaknya akan memiliki sirkulasi peredaran darah yang lancar.

Selain itu, rajinlah untuk mengonsumsi buah dan sayuran, apa saja jenisnya, terlebih yang kamu sukai. Baik buah dan sayuran, keduanya memiliki peranan penting bagi kesehatan kulit kamu lho Sahabat Hawa.

konsumsi makanan sehat

Lalu, hal terpenting selanjutnya yakni rutin membersihkan kulit. Saat membersihkan, lakukanlah secara perlahan dan lembut. Sebagian wanita kerap menggosok kulitnya, padahal cara ini salah. Menggosok kulit rupanya dapat mengiritasi kulit kamu, dan iritasi ini dapat mempercepat datangnya penuaan kulit.

Dan kamu juga harus rajin mengonsumsi air putih ya. Usahakan untuk meminimalisir asupan cairan manis. Selain murah dan mudah ditemukan, air putih memiliki sejuta manfaat untuk kulit kamu Sahabat Hawa.

So, apa kamu sudah memiliki tanda penuaan kulit? Komen di bawah ya.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s