Puting Payudara Sering Terasa Gatal, Jangan Asal Garuk Ini Penyebab & Solusinya…

Sahabat Hawa pernah gak sih merasakan gatal di bagian puting kamu? Sebagian wanita kerap merasakan puting gatal, paadahal putting tidak digigit oleh nyamuk atau mengalami iritasi.

Lantas, kenapa ya puting bisa gatal? Beberapa alasan yang membuat putting kamu gatal, di antaranya:

  1. Kulit kering, eksema dan psoriasis

Biasanya, orang yang mengalami masalah kulit gatal seperti eksema dan psoriasis bisa juga mengalami kulit kering dan pecah-pecah sehingga mengakibatkan rasa gatal. Dan tidak menutup kemungkinan rasa gatal itu berada di puting payudara kamu.

hamil bisa menyebabkan puting gatal

  1. Hamil

Saat hamil, banyak yang berubah dari tubuhmu, termasuk puting payudara. Perubahan hormon dan naiknya berat badan kerap menyebabkan payudara semakin besar dan mengembang dari ukuran normalnya. Hal ini bisa menyebabkan puting ikut tertarik sehingga menimbulkan rasa gatal.

itchy-breast02

  1. Bra atau baju olahraga yang ketat

Jika kamu memakai bra atau sport bra yang terlalu ketat dan puting payudaramu menonjol, hal itu dapat menyebabkan gesekan pada kulit puting dan menyebabkannya gatal. Bahkan, gesekan itu bisa menyebabkan warna kemerahan karena tekanan yang terlalu ketat. Untuk itu, perhatikan pakaian dalam dan juga pakaian olahraga kamu ya Sahabat Hawa.

menyusui bisa membuat puting kamu terasa gatal

  1. Menyusui

Setelah melahirkan, secara alami payudaramu akan mulai menyediakan air susu untuk dihisap oleh bayimu. Nah, hal ini membuat putingmu mulai membesar ukurannya, dan bisa menimbulkan rasa sakit, perih, dan juga gatal.

  1. Menstruasi

Kamu mungkin sadar payudaramu jadi agak keras atau padat menjelang menstruasi, perubahan hormon ini ternyata juga bisa membuat puting payudara kamu gatal. Puting payudara jadi lebih sensitif jika disentuh danakan terasa gatal secara alami.

kesehatan payudara harus selalu kamu jaga

  1. Efek operasi

Operasi juga bisa lho membuat puting kamu gatal. Entah kamu baru saja melakukan pembesaran payudara atau pun pengangkatan kanker payudara misalnya. Nah, hal itu bisa memberikan efek atau dampak pada putingmu. Salah satunya, timbulnya rasa gatal setelah melakukan operasi.

  1. Kemoterapi

Jika kamu tengah menjalani treatment kanker payudara, maka kamu akan melakukan kemoterapi yang dampaknya juga bisa menimbulkan rasa gatal pada payudara kamu.

Rasa gatal pada payudara bisa menjadi hal yang normal dan tidak perlu dirisaukan, tapi juga bisa menjadi hal yang berbahaya jika didiamkan. Jika kamu mengalaminya, tidak ada salahnya lho Sahabat Hawa untuk segera konsultasikan pada dokter. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Selalu usahakan untuk ­merawat payudara kamu. Besar atau kecil ukuran payudaramu, harus tetap mendapatkan perhatian ekstra dari kamu ya Sahabat Hawa. selalu gunakan pakaian dalam yang berbahan katun atau setidaknya yang mampu menyerap keringat kamu, terlebih saat kamu sedang olahraga.

Selain itu, pilihlah ukuran bra yang pas sesuai ukuran payudara kamu. Jangan kebesaran dan juga jangan kekecilan, karena bra yang tidak sesuai ukuran bisa membuat payudaramu menjadi kendur lho.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s