Siapa Bilang, Pasutri Sebaya Mudah Bertengkar? Ini Faktanya…

Banyak orang tua bilang, bahwa kamu harus mencari pasangan yang lebih tua dari usiamu. Baik setahun, atau beberapa tahun di atasmu. Katanya sih untuk meminimlaisir terjadinya perkelahian yang berujung pada perceraian.

Kendati belum tentu benar, namu sebagian dari kamu banyak yang mengitu dan ada juga yang tidak ya. Sebenarnya, perbedaan usia bukanlah rahasia untuk mencegah terjadinya perceraian. Malahan, pasangan yang menikah dengan memiliki perbedaan usia tidak menjamin langgengnya hubungan mereka.

memiliki banyak kesamaan pada pasangan seumuran bisa buat kamu nyaman

Pernikahan bisa langgeng dan harmonis tanpa ada isu perceraian karena disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah faktor perbedaan usia. Ada penelitian menarik terkait perbedaan usia dan keharmonisan pernikahan Sahabat Hawa.

zasd

Dilansir dari theatlantic.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa suami istri yang seumuran memiliki risiko bercerai yang lebih kecil. Pernikahannya pun bisa awet dan langgeng dalam waktu yang sangat lama. Kok bisa?

Penelitian tersebut menggunakan data polling dari sedikitnya 3.000 orang Amerika yang baru menikah dan bercerai. Seorang ilmuwan bernama Randy Olson, menyimpulkan data bahwa pasangan dengan selisih perbedaan usia 1 tahun memiliki risiko bercerai sebanyak 3% lebih besar dibandingkan pasangan yang seumuran. Sementara itu, pasangan dengan beda usia 5 tahun memiliki risiko bercerai sebesar 18%. Sedangkan yang beda usia 10 tahun memiliki persentase risiko bercerai sebanyak 39%.

pasangan yang seumur memiliki risiko perceraian sangat kecil

Bisa dibilang makin besar perbedaan usia pasangan, maka semakin besar pula perbedaan latar belakang budayanya. Terlebih jika sudah beda generasi, perbedaan yang dimiliki bisa lebih besar lagi dan kemungkinan mengarah pada risiko perceraian yang lebih tinggi. Kalau perbedaan tersebut tidak bisa dikondisikan dengan baik, risiko berpisah atau konflik bisa saja terjadi.

Jika kamu memiliki pasangan yang seumuran, selamat. Karena berdasarkan penelitian yang telah dipaparkan di atas, hubungan kamu memiliki risiko perceraian sangat kecil. Namun bagi kamu yang memiliki pasangan dengan perbedaan usia, tidak perlu panik juga ya.

fuiop

Karena perceraian itu tidak semata-mata disebabkan oleh perbedaan usia pada pasangan. Banyak hal yang bisa meningkatkan peluang terjadinya perceraian. Seperti pasangan yang terlampau posesif, pasangan mata keranjang, masalah keluarga, dan masih banyak lainnya.

Penelitian ini hanya menunjukkan sebuah kemungkinan dan kabar gembira bagi pasangan suami istri yang seumuran. Karena bertahan tidaknya sebuah pernikahan juga bergantung pada usaha masing-masing pasangan. Setiap pasangan pun pasti punya cara terbaiknya dalam mempertahankan sebuah hubungan yang langgeng dan terhindar dari perceraian. Jelas dibutuhkan usaha dan komitmen yang kuat dalam membangun dan mempertahankan ikatan pernikahan.

komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubungan

Jangan sibuk mengurusi hal-hal yang tidak penting di luar ana, seperti mendengarkan ocehan orang tentang pasanganmu. Karena sejatinya, kamulah yang mengetahui luar dan dalam pasanganmu, bukan?

Berikan kepercayaan pada pasanganmu dan sayangilah dia. Jangan mudah tergoda dengan rayuan pria lain yang bukan pasanganmu ya Sahabat Hawa.

VHawa

 

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s