Jenis Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Menstruasi

Sebagian wanita kerap mengalami menstruasi yang menyakitkan, namun ada pula yang tidak. Saat menstruasi, hormon kamu akan naik dan turun, hal ini membuat emosimu menjadi mudah berubah. Sebentar marah, sebentar sedih, dan sebentar bahagia. Ya, hal itu lumrah dan normal terjadi hampir pada semua wanita.

Saat menstruasi, kamu tahu gak sih Sahabat Hawa bahwa kamu tidak boleh sembarang makan dan minum? Nah, kalua kamu belum tahu, yuk simak makanan dan minuman yang dilarang saat kamu dating bulan, di antaranya:

Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan selama menstruasi dapat memperburuk kram dan membuat perut kembung. Sebab, alkohol mengandung zat diuretik yang menyebabkan retensi air dalam tubuh selama kamu menstruasi.

Daging merah

Sejumlah studi mengungkapkan fakta daging merah yang mampu merangsang terjadinya kram saat menstruasi. Asam arakidonat yang terkandung di dalam daging merah menstimulasi prostaglandin, salah satu zat utama yang merangsang terjadinya kram menstruasi. Sebaiknya kamu menghindari olahan daging merah saat menstruasi ya Sahabat Hawa.

Makanan kaleng

Makanan kalengan atau makanan yang sudah diproses setengah matang mengandung banyak sodium. Sama seperti acar, sodium di dalam makanan kaleng dapat memicu kondisi kram dan nyeri haid semakin parah.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar estrogen yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam rahimmu. Kondisi ini membuat kram saat menstruasi semakin parah. Jenis makanan apapun yang digoreng tentunya akan mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan seperti, kentang goreng, pisang goreng, dan beragam jenis makanan yang digoreng lainnya. Sebaiknya, kamu menghindari jenis makanan ini selama menstruasi untuk menjaga kadar hormon estrogen agar tetap stabil ya.

Kafein

Kandungan kafein dalam teh, kopi, atau minuman ringan, bisa memperburuk kram saat menstruasi. Kafein bisa mempersempit pembuluh darah dan menaikkan tensi yang memperparah kram saat menstruasi. Meskipun efek dari kafein pada setiap orang berbeda-beda, tetapi hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak stabil. Kafein bisa juga membuat mood swing kamusemakin parah, susah tidur, dan sakit perut selama menstruasi. Kamu harus menghindari minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh hitam, soft drinks, dan cokelat selama menstruasi

Demikian daftar makanan dan minuman yang tidak baik kamu konsumsi selama datang bulan. Untuk mengganti makanan dan minuman yang dilarang tersebut, ada baiknya kamu banyak mengonsumsi daftar makanan dan minuman yang baik kamu konsumsi selama ‘tamu” kamu datang, misalnya:

Makanan mengandung protein dan serat

Mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat dapat membantu membuat gula darahmu menjadi stabil, dan mampu menyeimbangkan nafsu makanmu selama masa menstruasi. Mengonsumsi makanan kaya protein seperti sereal juga dapat membantu meringankan PMS yang mungkin bisa menyiksamu Sahabat Hawa.

Makanan yang mengandung zat besi

Banyak wanita yang menjadi kekurangan zat besi dalam tubuhnya selama menstruasi akibat darah yang dikeluarkan selama menstruasi. Untuk membantu tubuhmu menjaga kandungan zat besi tetap cukup, kamu dapat mengonsumsi makanan-makanan yang kaya zat besi, seperti bayam, tomat, dan kentang.

Makanan dan minuman berkalsium tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang tinggi dalam tubuh memiliki kemungkinan mengalami PMS yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena kalsium dapat membantu otak kamu untuk mengurangi perasaan tertekan yang mungkin dialami saat masa menstruasi. Selain itu, vitamin D juga berpengaruh dengan perubahan emosional.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s