Miss V Kamu Sering Terasa Kering? Ini Penyebab dan Solusinya

Saat usia bertambah, para wanita kemungkinan akan mengalami vagina kering. Apakah kamu pernah mengalaminya? Umumnya, hal ini terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menopause. Akan tetapi, wanita muda tidak menutup kemungkinan mengalaminya.

Masalah vagina kering yang dialami oleh perempuan muda bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Menurut Journal of Women’s Health yang dipublikasikan pada Agustus 2015, vagina kering juga bisa menjadi masalah untuk perempuan di bawah usia 60 tahun. Ini merupakan kasus yang sangat umum dialami oleh perempuan. Penting bagi kamu Sahabat Hawa untuk membuat vagina tetap lembap, sebab kelembapan tersebut dapat menjaga jaringan tetap sehat dan membantu mencegah infeksi serta penyakit menular seksual. 

Saat mengalami vagina kering, kamu akan mengalami sakit ketika berhubungan seksual. Selain itu, rasa sakit juga dialami ketika kamu duduk, berdiri, olahraga, buang air kecil dan bahkan ketika bekerja.

Masalah ini tentunya sangat mengganggu beragam aktivitas kamu, baik aktif secara seksual atau tidak. Perubahan juga terjadi pada penampilan vagina dan vulva, bibir vagina akan terlihat lebih tipis. Kamu mungkin juga akan mengalami iritasi dan rasa panas.

Berikut beberapa hal yang enjadi penyebab vagina kering, di antaranya:

Perubahan hormon

Berdasarkan American Congress of Obstetricians and Gynecologists, penyebab paling umum vagina kering adalah penurunan level estrogen selama menopause, pramenopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui. Pengobatan kimia untuk kanker seperti kemoterapi dan jugaradiasi pada panggul, kerap menyebabkan penurunan estrogen dan lubrikasi vagina. Kesehatan vagina tergantung pada kadar estrogen, begitu yang diungkapkan Irwin Goldstein, MD, direktur Sexual Medicine di Alvarado Hospital dan San Diego Sexual Medicine di California yang dikutip Everyday Health.

Obat tertentu

Obat alergi, asma dan flu yang mengandung antihistamin, ternyata memiliki efek di dalam tubuh, sehingga adanya penurunan lubrikasi vagina.

Kurangnya gairah

Salah satu penyebab keringnya vagina bisa jadi karena libido kamu menurun, atau adanya permasalahan seksual dengan pasangan. Contohnya, masih berdasarkan Goldstein, pasangan mungkin memiliki performa seks yang kurang, melewatkan foreplay, atau mengalami ejakulasi dini.

Iritasi

Tidak hanya karena faktor hormon, produk perawatan tubuh ternyata juga bisa memicu vagina kering. Misalnya sabun berbahan kimia, macam-macam produk kebersihan, dan parfum. Beberapa perempuan memiliki masalah alergi terhadap detergen dan sabun. Selain itu, sebagian wanita kerap alergi dengan pakaian, seperti celana dalam dan handuk, juga dapat membuat iritasi vagina kamu.

Rasa Cemas

Faktor psikologis dan emosional bisa mengganggu gairah seksual dan membuat vagina kamu menjadi kering. Menurut Goldstein, ketika perempuan cemas, akan terjadi berkurangnya aliran darah, sehingga kekeringan di daerah vagina pun terjadi. Kecemasan juga akan memicu hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu cara kerja hormon estrogen yang kamu miliki.

Jika kamu mengalami vagina kering, ada baiknya kamu segera konsultaiskan pada dokter. Karena vagina kering tentunya dapat merusak aktivitas seksual kamu dan pasangan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan pelumas atau pelembab khusus vagina saat ingin melakukan hubungan seksual. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar silikon, minyak, dan air. Yang dianggap lebih aman untuk kamu.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s