Penyebab Menstruasi Datang 2 kali Dalam Sebulan & Cara Mengatasinya

Pada wanita normal, wanita akan mengalami siklus menstruasi sebanyak 1 kali dalam sebulan. Akan tetapi, pada beberapa wanita lain juga pernah mengalami siklus menstruasi hinggga 2 kali dalam sebulan. Penyebab terjadinya menstruasi sebanyak 2 kali dalam sebulan tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti hormon yang tidak seimbang atau sebagai pertanda dari penyakit tertentu.
 
Dilansir dri hellosehat.com Haid 2 kali sebulan ini masih bisa dikatakan normal, sebab siklus menstruasi sendiri memiliki jarak antara 21 sampai 35 hari dan untuk remaja antara 21 sampai 45 hari. Akan tetapi, anda juga perlu mencari tahu penyebab dari gangguan pada menstruasi ini, apakah karena masalah hormon atau karena indikasi penyakit lain yang berbahaya. 
 
 
Walau siklus menstruasi yang terjadi sebanyak 2 kali dalam sebulan terbilang wajar, akan tetapi tetap ada beberapa faktor yang menjadi penyebab peristiwa ini bisa terjadi, seperti:
 
1. Stres
Stres merupakan masalah utama yang membuat wanita bisa mengalami 2 kali menstruasi dalam sebulan. Stres yang dihasilkan karena padatnya aktivitas, masalah keuangan atau masalah lainnya akan mengubah siklus menstruasi anda selama sementara.
 
2.Berat Badan Menurun Drastis
Siklus menstruasi juga bisa mengalami gangguan karena berat badan yang turun secara tiba-tiba atau ekstrim. Selain itu, beberapa kelainan makan seperti anoreksia nervosa dan juga peningkatan fisik secara tiba-tiba juga menjadi penyebab dari gangguan ini.
3. Masa Pubertas
Seorang wanita yang baru masuk ke masa pubertas umumnya juga akan mengalami menstruasi yang belum teratur dan menstruasi 2 kali sebulan bisa saja terjadi atau bahkan sebaliknya hanya menstruasi 1 kali dalam waktu 3 bulan.
 
4. Hipertiroidisme
Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid merupakan kondisi hormon tiroksin yang berlebih dan dihasilkan oleh kelenjar tiroid di bagian dalam tubuh. Keadaan ini juga akan mengakibatkan terjadi gangguan metabolisme tubuh termasuk salah satunya adalah siklus menstruasi.
 
5. Sakit Radang Panggul
Sakit radang panggung atau Pelvic Inflammatory [PID] merupakan infeksi pada organ reproduktif wanita yang terjadi pada ovarium, serviks, uterus atau tuba fallopi. Infeksi yang terjadi pada organ reproduksi ini juga menjadi salah satu penyebab menstruasi 2 kali dalam sebulan.
 
 
Cara Mengatasi Menstruasi 2 Kali Sebulan
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati dan mengatasi menstruasi yang terjadi 2 kali dalam sebulan ini, yakni:
 
1. Memperbanyak Asupan Air
Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik juga penting untuk mengatasi gangguan haid pada wanita. Perbanyak minum air putih sesuai dengan kebutuhan supaya tubuh tidak kekurangan cairan alias dehidrasi selama masa menstruasi.
 
2. Mengkonsumsi Sayur dan Buah
Pendarahan yang terjadi saat menstruasi akan menyebabkan vitamin C dan juga zat besi berkurang atau hilang dari tubuh sehingga memicu terjadinya gangguan menstruasi. untuk mengatasi ini, perbanyak mengkonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, pakchoy, sawi hijau dan beberapa jenis buah seperti lemon dan jeruk.
 
3. Jahe
Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang akan membuat siklus menstruasi lebih teratur. Aliran menstruasi akan semakin lancar sekaligus mengurangi rasa sakit yang sering timbul pada saat masa haid. Anda bisa merebus 1/2 sendok teh jahe bubuk dengan 1 cangkir air selama 5 sampai 10 menit lalu saring dan minum sebanyak 3 kali sehari sesudah 
 
Itu dia tadi penyebab dan cara mengatasi menstruasi tidak normal. Jika kamu pernah mengalaminya dan masih pada kondisi yang sama meski telah melakukan beberapa cara diatas. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk cara penanganan terbaik. 
Fhawa
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s