Gumpalan Darah Banyak Keluar Saat Menstruasi, Awas Ini Penyebabnya..

Sahabat Hawa, pernahkah kamu bertanya. Mengapa setiap kali menstruasi ada gumpalan-gumpalan darah yang keluar. Bukankah seharusnya menstruasi yang normal adalah darah yang cair tidak mengental atau menggumpal?
 
Seperti yang dikatakan oleh, Susan Wysocki seorang praktisi perawat dan anggota Dewan Asosiasi Kesehatan Seksual Amerika, menjelaskan tubuh kita direkayasa sedemikian rupa sehingga darah, dengan bantuan bahan kimia internal, dapat menggumpal, sehingga kita tidak mati kehabisan darah.
 
 
Gumpalan darah ini juga dipicu karena tubuh melepas antikoagulan (zat pencegah pembekuan darah) untuk melindungi darah mens menggumpal saat dikeluarkan. Namun, saat volume darah mens tengah tinggi serta dikeluarkan dengan cepat, tak semua selaput rahim Anda bisa dipecah, sehingga inilah gumpalan yang luruh ketika menstruasi. 
 
Gumpalan tersebut umumnya berwarna merah atau gelap ketika darah mentruasi tengah deras-derasnya keluar, dilansir dari Women’s Health Mag, Rabu (27/9/2017).Tak semua wanita mengalami penggumpalan darah saat menstruasi. Hal ini dipengruhi oleh kondisi individualnya apakah mereka berada dalam periode yang deras atau ringan. 
 
Jika dipandang dari kacamata medis, penggumpalan darah saat menstruasi seharusnya tak berbahaya dan normal. Namun, untuk beberapa kasus penggumpalan darah menjadi masalah yang serius dan patut diwaspadai. 
 
 
Penyebab munculnya darah menstruasi
Menurut Wysocki, penggumpalan darah bisa terjadi karena keguguran, penyakit, atau infeksi, seperti di bawah ini.
 
1.Infeksi rahim, kondisi ini juga akan membuat wanita merasa kesakitan saat mentruasi. Fase mentruasi akan berlangsung lama lebih dari satu minggu.
 
2. Keguguran, janin yang dikeluarkan dari rahim akan membuat vagina mengeluarkan banyak darah cair disertai gumpalan.
 
3.Mioma uteri dikenal sebagai tumor jinak. Kondisi ini akan membuat wanita merasa nyeri saat mentruasi dan darah yang keluar banyak disertai dengan gumpalan darah.
 
Itulah beberapa penyebab dari munculnya gumpalan saat menstruasI. Sebenarnya jika hanya sedikit dan hanya muncul beberapa kali saja mungkin masih normal selama menstruasi berjalan lancar. Tapi jika setiap kemunculannya menimbulkan keluhan seperti nyeri atau banyak sekali ada baiknya jika kamu pergi kedokter untuk pengobatan lebih lanjut. 
FHAWA
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s