5 Kesalahn Berdiet Yang Justru Merusak Tubuhmu

Sahabat Hawa, memiliki bentuk tubuh ideal adalah suatu hal yang paling diinginkan oleh banyak orang terutama nih para kaum wanita. Tapi sayang banyak diantara mereka yang melakukan diet secara asal dan akhirnya berimbas buruk pada kesehatan tubuhnya.  Sebab, penerapan metode diet yang salah kemungkinan justru akan menjauhkan  dari berat badan yang diimpikan.
 
 
Selain itu, alih-alih mendapatkan tubuh yang lebih langsing dan sehat, metode diet yang salah malah bisa mendatangkan dampak buruk, mulai dari kondisi kesehatan yang menurun hingga berat badan yang justru terus bertambah. Hal itu tentu sangat tidak diharapkan.
 
Untuk menghindarinya, coba perhatikan kondisi tubuh  saat menjalani diet. Jika menemukan 5 tanda ini, artinya tengah menjalani metode diet yang salah. Dan harus segera mengganti cara diet yang lebih sesuai dengan tubuh. Apa saja tandanya?
 
Masalah pencernaan
 
Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa diet Anda salah adalah masalah pencernaan. Salah satunya adalah sembelit atau kesulitan buang air. Sebab sembelit biasanya terjadi karena tubuh  kekurangan serat.
 
 
Pada beberapa metode diet,  akan menemukan menu makanan yang memotong beberapa jenis makanan. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan kamu kurang serat. Selain sembelit, masalah pencernaan yang menjadi tanda metode diet yang salah adalah perut kembung yang berlangsung dalam waktu yang lama. Perut kembung bisa jadi dipicu dari makanan yang  konsumsi saat diet.
 
Selalu merasa lapar
 
Jika  selalu merasa lapar, meski baru saja makan, artinya  harus segera mengganti pola diet. Jika diteruskan, bisa akan mengalami binge-eating disorder, yaitu sebuah gangguan yang membuat penderitanya selalu lapar dan berujung dengan kebiasaan makan berlebihan.
 
 
Menurut seorang ahli bernama Cassie Bjork, R.D, kondisi ini bisa saja dipicu oleh kurangnya nutrisi yang masuk dalam tubuh. “Binging adalah cara tubuh  mengatakan bahwa ia kekurangan nutrisi. Hal ini memicu otak mengirimkan sinyal bahwa makanan Anda tak memenuhi kebutuhannya,” katanya seperti dikutip dari eatthis.com.
 
Mood swing
Perubahan suasana hati secara mendadak alias mood swing bisa jadi tanda bahwa diet salah. Umumnya perubahan suasana hati akan cenderung ke arah yang buruk.Nyatanya perubahan mood tersebut berkaitan dengan pola diet yang jalankan. Memotong sebagian asupan makanan, seperti gula, dapat menyebabkan tingkat kebahagiaan dalam otak menurun. Hal inilah yang menyebabkan mood  memburuk sepanjang hari.
 
Suasana hati yang selalu berubah-ubah tentunya tak baik untuk tubuh. Akhirnya, mungkin  malah menjadi depresi. The Indian Journal of Psychiatry menemukan bahwa kekurangan vitamin, mineral, dan asam lemak Omega-3 dapat menyebabkan depresi dan masalah mental lainnya.
 
Anda selalu lelah
Studi dari Harvard University menemukan bahwa metode diet yang salah dapat menyebabkan merasa lemas dan lelah sepanjang hari. Cara diet yang salah dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi. Padahal, zat besi berfungsi untuk meningkatkan energi.
 
Kurangnya zat besi tentu akan berdampak pada tubuh Anda dan membuatnya seolah tak bertenaga sepanjang hari. Kurang zat besi juga dapat menurunkan keseimbangan darah, terutama darah merah dalam tubuh.
 
Tidak enak badan
Makanan yang masuk ke dalam mulut Anda dapat memengaruhi kekebalan tubuh, entah meningkatkan atau malah membuat kekebalan tubuh menurun. Dan cara diet yang salah bisa memicu kekebalan tubuh menurun. Hasilnya, akan semakin mudah sakit dan selalu merasa kedinginan. Saat udara sama sekali tidak dingin, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa pola makan yang kamu konsumsi tidak sesuai dengan kemampuan tubuh.
 
Nah, nyatanya ada banyak hal yang bisa terjadi jika salah memilih metode diet. Untuk itu, berhati-hatilah sebelum memulai diet, dan perhatikan kondisi tubuh saat menjalaninya. Saat menemukan tanda-tanda di atas, segeralah ganti pola diet . Jika merasa ragu, cobalah untuk menyusun rencana diet kamu dengan orang yang ahli di bidangnya.
FHAWA
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s