Apa Yang Menyebabkan Bayi Lahir Prematur?

Secara normal, persalinan terjadi saat usia kandungan mencapai 38-40 minggu. Apabila persalina terjadi sebelum itu, maka bisa disebut bahwa persalinan tersebut adalah persalinan prematur. 
 
Persalinan prematur adalah sebuah kondisi yang patut diwaspadai. Pasalnya, semakin prematur lahirnya seorang bayi, maka semakin tinggi risiko dia lahir dengan gangguan kesehatan, karena pembentukan organ-organ yang belum optimal.  Nah, tahukah kamu apa yang menyebabkan seorang bayi lahir prematur?
 
1. Usia hamil: wanita yang hamil di bawah 16 tahun dan di atas 35 tahun rentan melahirkan bayi prematur.
 
2. Jarak antarkehamilan: jarak yang terlalu dekat antara satu kehamilan san kehamilan lainnya menyebabkan risiko prematur
 
3. Riwayat kelahiran prematur: bila seorang ibu pernah melahirkan prematur, maka ada kemungkinan baginya untuk melahirkan prematur lagi.
 
4. Bayi kembar: risiko lahir prematur bagi bayi kembar juga cukup besar lho!
 
5. Infeksi ibu: ibu dengan infeksi saluran kemih, vagina, ginjal, dan lain sebagainya berisiko melahirkan bayi prematur.
 
Dilansir dari Hello Sehat, 24 minggu adalah titik batas usia bagi seorang bayi prematur dapat diselamatkan lewat intervensi medis. Kurang dari itu, para dokter menyebutnya sebagai keajaiban.
 
Prematur atau pun tidak sudah menjadi takdir, tetapi sebagai manusia tidak ada salahnya kalau kamu berusaha menjaga kandunganmu sebaik mungkin dengan tidak terlalu lelah, mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan, dan menjaga kebersihan organ intim ya!
 
By: Intan_Hawa
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s