Makanan Pemicu Keguguran Ini Sebaiknya Bumil Hindari

Sahabat Hawa, setiap wanita hamil punya peningkatan risiko untuk keguguran seiring dengan bertambahnya usia mereka. Studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12% sampai 15% bagi perempuan berusia 20-an, dan naik menjadi sekitar 25% untuk wanita pada usia 40. Peningkatan insiden kelainan kromosom berkontribusi terhadap risiko yang berkaitan dengan usia keguguran. 
 
 
Kadang-kadang, pengobatan penyakit kronis seorang ibu dapat meningkatkan peluang untuk kehamilan. Tapi jangan khawatir keguguran saat hamil sebenarnya bisa dihindari kok.  Saah satunya dengan cara menjaga asupan gizi baik dan menghindari asupan buruk yang bahata bagi janin. 
 
Nah makanan apa saja yang harus bumil hindari untuk meminimalisir resiko keguguran. Yuk simak daftarnya dalam ulasan kali ini : 
 
1. Daging Mentah
Daging yang berasal dari seafood mentah atau setengah matang, begitu juga daging sapi atau unggas harus dihindari karena memiliki risiko terhadap kontaminasi bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella. Daging mentah merupakan makanan berbahaya yang harus dihindari selama kehamilan seperti jika terkontaminasi dengan Bakteri Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. 
 
 
Bakteri Listeria memiliki kemampuan dapat melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi yang menyebabkan infeksi atau keracunan darah. Tentunya sangat mungkin mengancam nyawa jika sedang hamil dan Ibu perlu mempertimbangkan memakan danging pastikan bahwa Ibu memasak daging sampai asapnya mengepul.
 
2. Seafood yang diasapi
Seafood yang diolah sebagai asap atau dendeng harus dihindari karena dapat terkontaminasi dengan Bakteri Listeria. Kecuali ibu tidak memasaknya dengan cara demikian akan tetapi memasaknya dengan teknik tepat agar matang secara keseluruhan.
 
 
3. Kepiting harus dihindari
Fakta bahwa memang kepiting mengandung nutrisi yang tinggi. Terutama dalam kepiting memiliki sumber manfaat kalsium bagi ibu hamil yang tinggi. Namun, menurut kedokteran Oriental, kepiting memiliki efek pada deportasi tumor sehingga kepiting mengarah pada risiko tinggi penyebab keguguran atau kelahiran prematur.
 
Secara khusus, ibu hamil yang baru sembuh setelah sakit memiliki sistem pencernaan yang lemah. Jika makan terlalu banyak kepiting, akan terjadi diare, flu, atau alergi dingin dengan mudah. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kepiting mereka, juga karena kepiting mengandung kolesterol yang tinggi.
 
4. Ikan yang terkontaminasi
Ikan yang terkena Industri yang telah tercemar memang harus dihindari. Menghindari ikan dari danau dan sungai yang terkontaminasi karena dapat terkena polychlorinated biphenyls yang tinggi. Hal ini terutama bagi ikan yang ada di danau dan sungai. Masyarakat dapat menghubungi departemen kesehatan terdekat atau Badan perlindungan lingkungan untuk menentukan ikan yang aman untuk makan di daerah.
 
 
5. Kelengkeng
Kelengkeng adalah buah yang cukup populer di musim panas. Namun kelengkeng juga buah yang tidak boleh dimakan selama kehamilan.  Pada periode ini akan menghadapi fenomena yang dikenal sebagai “panas dalam”. Jika ibu hamil makan banyak kelengkeng maka fenomena “panas dalam” akan lebih berbahaya dan dapat menyebabkan kekacauan janin, nyeri perut, flek bercak darah, sakit perut, tentunya merugikan bagi janin dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.
 

6. Telur mentah
Telur memang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil tapi, telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah harus dihindari karena memiliki potensi terkena paparan salmonella. Mayones, es krim buatan sendiri atau custard, dan saus yang biasanya ada bahan dengan telur mentah perlu diwaspadai. Pada produk komersial yang memproduksi es krim dan saus, dibuat dengan telur pasteurisasi dan tidak meningkatkan risiko salmonella. Namun perlu dicek bahwa telur tersebut telah dipasteurisasi.
 
Apa ada beberapa makanan disini yang suka bumil konsumsi. Jika iya sebaiknya dikurangi atau minimal  diperbaiki dalam proses pematangannya ya. Agar benar-benar aman untuk bumil dan si debay konsumsi. Selalu sehat ya bumil disini..:)
FHAWA
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s