Seberapa Besar Peluang Hamil, Jika Seks Setelah Menstruasi ?

Sahabat Hawa yang sedang merencanakan kehamilan, tentu menanti hari dimana kamu bisa segera selesai haid kemudian bisa kembali berhubungan intim dengan suami untuk memperoleh kehamilan. Tapi perlu diketahui masa subur wanita itu tidak terjadi setiap hari. 
 
 
Ada masa di mana wanita subur, yaitu di sekitar hari ovulasi (sel telur dilepaskan dan siap dibuahi). Ada juga masa di mana peluang kehamilan sangat kecil, yaitu saat wanita menstruasi. Lalu, setelah menstruasi selesai apakah bisa langsung hamil? Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah berbagai cara cepat hamil setelah haid yang bisa kamu terapkan.  
 
Apakah bisa hamil jika berhubungan intim setelah haid?
Sebetulnya, proses pembuahan bisa terjadi kapan saja. Hanya saja, kemungkinan atau peluangnya tentu berbeda-beda setiap saat. Kehamilan hanya bisa diwujudkan lewat pembuahan. Pembuahan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sel sperma. Berarti sperma harus sudah ada di dalam saluran tuba falopi pada saat sel telur wanita dilepaskan oleh indung telur atau paling lambat 24 jam setelah sel telur dilepaskan.
 
Biasanya proses pelepasan sel telur terjadi sekitar dua minggu sebelum dan sesudah kamu menstruasi. Namun, hitungan ini hanya berlaku bila siklus menstruasi setiap bulan sama, yaitu 28 hari. Maka dari itu, berhubungan seks tepat satu hari setelah selesai haid memang bisa menyebabkan kehamilan. Namun sayang, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. 
 
 
Pasalnya, sehari sesudah menstruasi sel telur belum dilepaskan oleh indung telur. Sedangkan kalau sel sperma masuk, sel sperma hanya bisa bertahan hidup dalam tubuh wanita selama lima hari. Jadi ketika akhirnya sel telur dilepaskan pada masa subur, sel sperma sudah mati duluan sehingga tidak dapat membuahi.
 
Cara cepat hamil setelah haid
Tenang saja, masih ada beberapa cara cepat hamil setelah haid yang bisa kamu coba bersama pasangan. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan waktu yang ada agar bisa lekas punya anak. Simak tips-tipsnya berikut ini.
 
Periksa ke dokter
Kamu boleh berkunjung ke dokter kandungan bersama pasangan untuk merencanakan kehamilan. Dokter mungkin akan memeriksa kondisi tubuh dan membantu melacak kapan masa subur , bahkan memberikan berbagai saran dan cara cepat hamil setelah haid. Selain itu, dokter juga dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk kehamilan yang sehat. Misalnya dengan menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat atau suplemen tertentu.
 
 
Cari tahu kapan masa-masa subur 
Tanpa mengetahui masa subur diri sendiri, kamu akan menjadi lebih sulit untuk hamil. Pasalnya, masa subur merupakan adalah waktu terbaik untuk berhubungan seks tanpa metode kontrasepsi agar pembuahan terjadi.
kamu bisa mengetahui masa subur dengan teliti mencatat kapan menstruasi setiap bulannya. Dengan begitu, jadi kamu bisa mengira-ngira di hari keberapa sesudah haid mulai memasuki masa subur.
 
Pilih waktu terbaik untuk berhubungan intim
 Mulailah berhubungan seksual selama masa paling subur. Biasanya yaitu sekitar tiga hari sebelum hingga pada hari sel telur wanita dilepaskan. Ingat, sperma dapat bertahan hidup sekitar lima hari dalam tubuh wanita, sedangkan sel telur hanya mampu bertahan hidup sehari.
 
Belajar mengelola stres
Hati-hati, saat menstruasi mungkin perubahan hormon mengubah kondisi emosi jadi lebih sensitif dan mudah diserang stres. Padahal, stres berlebihan bisa membuat seseorang lebih sulit hamil. Karena itu, perlu latihan mengelola stres sehingga ketika menstruasi selesai, suasana hati sudah jauh membaik. Anda dan pasangan pun siap mengusahakan kehamilan.
 
Setiap orang punya caranya masing-masing untuk meredakan stres, misalnya dengan olahraga atau relaksasi. Kamu hanya perlu menemukan mana yang paling baik dan ampuh buat. 
FHAWA
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s