Ini Lho Serba-Serbi Keputihan Yang Harus Kamu Tahu

Sebagian wanita cenderung sering mengeluh tentang keputihan. Walaupun menimbulkan rasa khawatir atau tak nyaman, keputihan seringkali normal terjadi dan juga berguna untuk membersihkan serta melindungi vagina dari infeksi lho Sahabat Hawa. Kok bisa? Iya, karena hal itu terjadi akibat sel-sel mati dan bakteri dibawa keluar dari dalam vagina lewat cairan keputihan. 

Keputihan yang normal biasanya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak gatal serta tidak perih di daerah vagina kamu ya. Tapi kalau kamu mengalami perubahan warna dan kekentalan, jumlah keputihan yang berlebih, aroma yang berbau tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri di perut, sebaiknya kamu harus waspada. Bisa saja itu tanda dari suatu penyakit dan kamu harus segera mengobatinya ke dokter. 

Keputihan tidak normal dapat menimbulkan bau yang busuk

Oleh karena itu kenali dulu tanda-tanda keputihan yang normal atau tidak berikut ini:

Keputihan dengan lendir berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis. 

Keputihan yang tidak disertai rasa gatal atau iritasi ini sering terjadi dan biasa disebut dengan bakterial vaginosis, yang dikarenakan perubahan keseimbangan bakteri normal di vagina.

Keputihan disertai rasa nyeri dan pendarahan. 

Keputihan serta adanya rasa nyeri di tulang panggul atau saat buang air kecil serta mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi atau setelah berhubungan seks biasanya dialami penderita penyakit menular seksual, karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia trachomatis

Keputihan yang cair, berwarna putih, dan sangat gatal. 

Keputihan seperti susu kental, tanpa bau yang menyengat, disertai rasa gatal yang parah dan rasa perih sekitar vagina, serta rasa sakit saat berhubungan seks ini sering terjadi dan dipicu, oleh infeksi jamur yang pernah dialami sebagian besar wanita.

Keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih. 

Keputihan yang banyak, berbau amis, dan disertai rasa perih pas buang air kecil, disertai bengkak dan gatal di sekitar vagina sering dialami penderita trikomoniasis, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis

Keputihan tidak normal juga bisa membuat perutmu sakit

Keputihan dengan lendir berwarna cokelat atau mengandung darah. 

Keputihan ini umumnya disebabkan oleh siklus menstruasi yang tak teratur, tapi perlu Anda waspadai. Walaupun jarang, penderita kanker serviks atau kanker rahim juga mengalami hal ini.

Keputihan tidak normal cenderung menimbulkan rasa gatal 

Keputihan disertai luka melepuh di sekitar genital. 

Keputihan serta munculnya lepuhan atau luka seperti sariawan yang terasa sakit di sekitar organ intim biasanya disebabkan oleh herpes genital, yang selalu berpotensi untuk kambuh walaupun sudah diobati.

Jadi, jangan khawatir bila kamu mengalami keputihan. Namun, saat keputihan kamu mempunyai ciri-ciri yang tak normal, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi kamu sedang menderita penyakit yang dapat mengganggu organ intim dan kesehatan kamu. Dokter pun akan melakukan pemeriksaan dan memberikan terapi jika ada gangguan. Semakin cepat penyakit diketahui, maka semakin tinggi pula kemungkinan buat sembuhya Sahabat Hawa.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s