Pernah Alami Carpal Tunnel Syndrome Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

Sahabat hawa pernah mendengar istilah carpal tunnel syndrome (CTS)? Ya! CTS bahasa awamnya adalah kondisi dimana pergelangan atau jari tangan terasa seperti kesemutan, kebas, dan nyeri. Pada ibu hamil penyebab CTS adalah perubahan hormon yang menyebabkan menumpuknya cairan di beberapa pergelangan dan jari-jari tangan. Selain itu gerakan tangan yang berulang-ulang dan posisi menekan saat berlutut sehingga berat badan menumpu pada bagian tangan, juga bisa menyebabkan CTS. Nah, hal ini akan membuat tangan terasa kesemutan dan nyeri. Kalau sahabat hawa ada pernah mengalami ini, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi CTS ketika hamil. 
 
 
1. Kompres dengan Air Dingin
 
Tangan kesemutan dan nyeri memang sangat mengganggu aktivitas ibu hamil, karena akan membuat moms tidak nyaman. Apalagi buat kamu yang masih bekerja, dimana kondisi ini akan mengganggu ketika sedang mengetik atau menulis. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengompres bagian yang kesemutan dengan batu es. Siapkan beberapa batu es dan bungkus dalam plastik atau handuk, kemudian kompres dan tekan-tekan perlahan hingga rasa kesemutan reda. 
 

 
 
 
2. Pijat dengan Minyak 
 
Pijatan lembut selain untuk melancarkan peredaran darah, juga bisa ‘memecah’ cairan yang menumpuk di pergelangan serta jari-jari tangan. Moms, bisa meminta bantuan suami atau orang terdekat untuk memijat bagian yang nyeri. Lakukan tekanan di beberapa titik tangan dan pergelangan untuk mengatasi rasa nyeri dan kebas. Sebaiknya gunakan minyak berbahan alami agar tidak membuat kulit moms kering dan tetap lembab. Minyak zaitun atau kelapa bisa jadi pilihan kamu. 
 

 
3. Menggunakan Garam Epson
 
Sahabat hawa sudah ada yang pernah mendengar garam epson? Ya! garam epson merupakan garam yang mengandung anti inflamasi dan berfungsi sebagai relaksasi otot karena banyak terdapat magnesium di dalamnya. Oleh sebab itu banyak yang menggunakan garam ini untuk meredakan nyeri akibat gejala CTS ini. Caranya cukup mudah kok, masukkan satu cangkir garam epson di dalam bak mandi yang berisi air hangat, kemudian rendam tangan kurang lebih 20-30 menit. 
 

 
4. Latihan Peregangan 
 
Melakukan peregangan seperti memutar pergelangan tangan juga dapat membantu meringankan gejala CTS ini. Kamu bisa melakukan latihan peregangan ini saat setelah bangun pagi atau sore hari, secara rutin hingga rasa kesemutan hilang. 
 

 
 
Pada dasarnya CTS akan cepat hilang jika moms rajin menggerakan tubuh dan melakukan peregangan otot. Selain itu dengan mengonsumsi sayur dan buah juga dapat meringankan kesemutan dan rasa nyeri pada tangan. 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s