4 Kebiasaan Buruk, Yang Menurunkan Kualitas Sperma Pria

Sahabat Hawa, bisa  segera memiliki keturunan merupakan suatui hal yang paling diinginkan oleh setiap pasangan. Tak hanya wanita yang harus berusaha soal ini. Pria juga wajib menjaga eksehtannya guna meningkatkan kualitas  sperma yang menjadi kunci pembuahan untuk menjadi buah hati. 
 
Sayangnya, banyak pria yang masih kurang peka dan sering melakukan kebiasaan buruk yang berakibat buruk bagi kesubruannya. Lalu kebiasaan apa saja yang sebaiknya tak dilakukan pria jika ingin segera punya anak? Yuk simak bersama..
 
1. . Merokok
Hampir sama dengan pengaruh dari alkohol, zat-zat beracun dari rokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada kualitas air mani Anda dan mengganggu keseimbangan hormon.
 
Namun, berbeda dari alkohol yang hanya memengaruhi diri Anda sendiri, yang perlu diperhatikan dari merokok adalah asap rokok yang menyebar dan akan memengaruhi orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda sering merokok di depan istri, istri Anda bisa terkena dampaknya karena rokok terbukti meningkatkan risiko menurunnya kesuburan pada perempuan.
 
2. Terlalu banyak mengonsumsi junk food
Ternyata terlalu banyak makan junk food (misalnya gorengan dan makanan cepat saji) bisa menyebabkan penurunan kesuburan hingga kemandulan. Mengapa begitu? Konsumsi kalori yang berlebihan dari junk food dapat meningkatkan berat badan Anda. Orang-orang dengan obesitas dan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi terhadap ketidaksuburan.
 
Bukti ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilansir dari Very Well. Riset ini menemukan bahwa para pria yang memiliki berat badan berlebih hampir dua kali berisiko untuk memiliki jumlah sperma lebih sedikit dan pergerakan sperma (menuju sel telur) yang lebih buruk
 
3. Sering begadang
Tidak sedikit pria yang tidur larut malam karena berbagai alasan, baik karena tuntutan pekerjaan, karena nongkrong dengan teman-teman, atau karena bersantai menonton televisi di rumah. Ternyata ini dapat mengurangi kesuburan pria karena mengurangi jumlah dari sperma yang dihasilkan.
 
Riset yang dilansir dari Live Science menemukan bahwa orang dengan durasi tidur yang paling sedikit mengalami penurunan jumlah sperma sampai 25 persen. Semakin sedikit jumlah sel sperma yang dikeluarkan, semakin sedikit pula yang berhasil bertahan hingga mencapai sel telur dalam organ reproduksi wanita.
 
4. Minum minuman beralkohol
Alkohol berdampak langsung pada sel yang memproduksi hormon testosteron. Ini menyebabkan kadar hormon testosteron berkurang dalam darah. Padahal hormon testosteron berperan penting dalam reproduksi. Misalnya untuk mencapai ereksi penis dan meningkatkan gairah seksual. 
 
 
Alkohol juga memengaruhi fungsi dari sel dalam testis yang berperan dalam pematangan sperma.Selain pada testis, alkohol juga mengurangi kinerja dari kelenjar pituitari pada otak Anda. Akibatnya, hormon penting untuk reproduksi yaitu luteinizing hormone dan follicle-stimulating hormone akan terhambat. Singkatnya, alkohol secara sinergis akan bekerja untuk mengurangi kesuburan pria dengan bekerja pada otak lewat hormon maupun langsung pada organ testis Anda.
 
Nah, itu dia tadi 4 kebiasaan yang sering dilakukan pria. Meski terkesan biasa saja kamu bisa lihat sendiri apa dampaknya bagi kesuburan pria. Jadi jika kamu dan dia sama-sama brkomitmen untuk segera punya anak. Yuk, kurangi kebiasan ini dan sampaikan informasi diatas pada suami tercinta ya. Semga bermanfaat
fhawa
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s