Akibatnya Jika Kamu Tak Jaga Kebersihan Saat Menstruasi Datang

Pada wanita, masa menstruasi bisa menjadi waktu yang rentan akan mudahnya kuman masuk kedalam tubuh dan akhirnya menyebabkan infeksi. Pada masa ini, jumlah bakteri di daerah keanitaan akan bertambah karena meningkatnya jumlah PH akibat darah yang dikeluarkan. Lantas dengan kondisi ini, kemungkinan adanya kontaminasi bakteri akan menjadi semakin tinggi. Lantas, apa saja risiko kesehatan jika tidak menjaga kebersihan vagina saat menstruasi? dilansir dari hellosehat.com yuk Ketahui jawabannya dalam artikel ini.
 
Pentingnya menjaga kebersihan vagina saat menstruasi
Jika Anda malas untuk menjaga kebersihan vagina saat sedang menstruasi, maka Anda akan lebih rentan terkena berbagai penyakit. Hal ini disebabkan karena darah yang ditampung pada pembalut menjadi tempat menyenangkan untuk bakteri berkembang biak.
 
 
Itu sebabnya, ketika seseorang malas untuk menjaga kebersihan vagina saat menstruasi, bukan tidak mungkin penyakit akan datang menghantui. Seseorang bisa saja mengalami peradangan pada dinding rahim maupun peradangan pada vagina. Beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi akibat tidak menjaga kebersihan vagina saat menstruasi adalah Anda akan lebih rentan mengalami vaginitis yaitu infeksi atau peradangan pada lapisan vagina, infeksi Bacterial Vaginosis (BV), dan infeksi jamur vagina yang memiliki gejala seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, bau tidak sedap, dan keputihan.
 
Selain itu, beberapa penyakit juga akan lebih mudah tertular melalui darah seperti HIV atau hepatitis B ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual saat menstruasi tanpa kondom. Berdasarkan penelitian, mayoritas wanita dengan kondisi tuba falopi normal dapat mengalami siklus menstruasi dua arah (retrograde menstruation). Siklus dua arah terjadi ketika sel darah dan jaringan yang seharusnya terbuang ke vagina juga mengalir ke arah leher rahim dan tuba falopi.
 
 
Kondisi ini memungkinkan kontaminasi mikroorganisme semakin tinggi karena adanya aliran dari atas ke bawah dan sebaliknya. Akibatnya, penyebaran mikroorganisme juga semakin meningkat saat menstruasi. Nah, hal inilah salah satu penyebab banyaknya kasus di mana Infeksi Saluran Kencing (ISK) terjadi setelah periode menstruasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kelembapan vagina saat menstruasi.  
 
Tips menjaga kebersihan vagina saat menstruasi
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan vagina saat periode menstruasi:
 
Cuci tangan adalah hal yang paling penting sebelum atau pun sesudah Anda melakukan sesuatu. Tidak terkecuali saat sedang menstruasi. Jadi, jangan lupa mencuci tangan setelah membuang pembalut dan memakai pembalut baru.
 
 
1. Selalu menyediakan tisu, pembalut, dan hand sanitizer di tas ketika ingin bepergian.
2. Sebaiknya Anda membersihkan organ kewanitaan dengan cara yang benar. Caranya, basuh area vagina dari depan ke belakang dengan menggunakan air mengalir lalu dikeringkan dengan baik menggunakan tisu untuk mencegah vagina lembap.
3. Disarankan mengganti pembalut sesering mungkin, setidaknya tiga-empat jam sekali, untuk menghindari kelembapan pada organ kewanitaan.
4.Jangan menggunakan sabun pembersih vagina. Hal ini dikarenakan sabun pembersih vagina bisa berisiko membunuh bakteri baik pada vagina.  
5.Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun, atau yang bisa menyerap keringat dengan baik. Selain itu, hindari menggunakan pakaian ketat seperti celana jeans terlalu lama agar vagina tidak lembap.
6. Jangan lupa untuk mencukur rambut kemaluan menjelang menstruasi. Tujuannya, untuk menghindari bekas gumpalan darah yang menempel di rambut tersebut yang memungkinkan menyebabkan infeksi atau jamur.
 
Menjaga kebersihan saat menstruasi tidak hanya menjaga kebersihan vagina aja, namun Anda juga harus memperhatikan pembalut yang bersih dan steril untuk digunakan. Jadi, pastikan Anda menggunakan pembalut atau pun tampon yang terjamin kebersihan dan kualitasnya.
fhawa
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s