Begini Cara Atasi Nyeri Payudara Saat Menstruasi

Keluhan nyeri dan sakit di payudara, memang sulit untuk dicegah oleh setiap wanita selama siklus menstruasi itu datang. Rupanya, kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon wanita, yaitu progesteron dan estrogen.

Payudara yang terasa keras dan nyeri sebelum menstruasi dialami oleh hampir semua wanita. Selain karena sindrom pra-menstruasi, hal ini juga diakibatkan oleh hormon dalam tubuh. Untuk itu tak perlu merasa stres dan cemas ketika payudara terasa nyeri saat menstruasi. Jangan panik ketika payudara terasa sakit, kecuali jika rasa sakitnya sangat parah dan tak bisa ditoleransi lagi.

dftt

Selain itu, payudara yang terasa sakit juga dialami oleh banyak remaja perempuan. Hal ini tak hanya pada saat menstruasi saja, tetapi bisa juga terjadi di keseharian. Payudara yang terasa sakit dan nyeri pada remaja wanita bisa menunjukkan adanya pertumbuhan, karena jaringan payudara masih tumbuh di usia mereka. Karena itu, jangan terlalu khawatir. Rasa sakit pada payudara di usia remaja bisa disebabkan oleh pertumbuhan payudara itu sendiri.

Kendati kerap mengganggu dan mungkin saja membuat kamu risih, nyeri payudara saat haid rupanya bisa diatasi lho Sahabat Hawa. Beberapa penelitian menemukan ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit pada payudara selama menstruasi, di antaranya:

Olahraga teratur dan atur makan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat merasakan nyeri payudara saat haid yaitu berolahraga secara teratur. Tidak hanya itu, kamu juga disarankan untuk menghindari makanan asin tinggi garam, dan kurangi konsumsi mengandung kafein, seperti kopi dan teh, termasuk jauh-jauh hari sebelum waktu menstruasi datang.

Kurangi stres

Hal ini juga rupanya dapat membantu menjaga keseimbangan hormon kamu lho Sahabat Hawa. Sebab stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Kamu bisa mengurangi stres dengan cara rajin berolahraga atau mencoba meditasi ringan. Bahkan ramuan aromaterapi juga dipercaya bisa menghilangkan stres. Mengurangi stres juga mencegah nyeri berlebihan pada payudara kamu.

Kompres panas atau dingin

Untuk atasi sakit pada payudara saat itu juga, kamu juga bisa mengompres panas atau dingin selama beberapa menit, beberapa kali dalam sehari saja. Caranya cukup mudah, kamu tinggal merendam handuk kecil atau kain, di dalam sebuah baskom yang berisi air panas atau pun dingin, tergantung selera kamu.

Perhatikan pilihan bra yang kamu gunakan

Menggunakan bra akan membantu mengurangi tingkat keparahan di payudara yang kamu rasakah Sahabat Hawa. Gunakanlah bra yang bisa menyanggah payudara lebih baik agar nyeri yang kamu rasakan bisa berangsur menghilang.

Obat yang mengandung ibuprofen

Jika payudara kamu sangat sakit dan ingin diatasi segera, cobalah obat yang mengandung ibuprofen atau acetaminophen yang biasa ditemukan pada obat sakit gigi, demam, atau nyeri haid. Perlu dicatat, obat-obat pereda nyeri bisa meningkatkan risiko kerusakan hati jika dikonsumsi berlebihan. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Periksa ke dokter

Sesuatu yang lebih serius mungkin terjadi jika payudaramu tetap sakit saat menstruasi. Dalam beberapa kasus, nyeri payudara yang mengganggu bisa menjadi pertanda adanya fibroadenoma (benjolan jaringan), kista, infeksi, atau kehamilan. Jika penanganan nyeri payudara sendiri tidak memuaskan hasil, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah selanjutnya yang sangat disarankan.

Apakah kamu kerap merasakan nyeri payudara saat haid? Biasanya, hal apa yang kamu lakukan? Komen yuk.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s