Ini Sederet Makanan dan Minuman yang Jadi Sahabatmu Saat Menstruasi

Sudah menjadi kodratnya, bahwa kaum wanita setiap bulan pasti mengalami datang bulan. Jika ‘Si Tamu’ kerap datang, kamu bisa saja merasakan nyeri perut yang luar biasa. Kendati hanya satu bulan sekali saja, namun rasa nyeri tersebut dapat membuat kamu tak bisa beraktivitas lho.

Bagi yang sanggup beraktivitas pun pasti tak maksimal karena sakit yang menyiksa bisa mengganggu pikiran dan menguras tenaga. Kadang obat pun dipilih sebagai penawar demi keberlangsungan produktivitas kamu dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

 

Woman-drinking-a-glass-of-water

Jika kamu sedang mengalami nyeri datang bulan, jangan terburu-buru memilih obat sebagai jalan keluar ya. karena ada cara alami yang bisa meredakan nyeri datang bulan kamu.

Berikut beberapa daftar makanan atau minuman yang bisa jadi sahabatmu saat datang bulan, di antaranya:

Air putih

Jangan pernah meremehkan kualitas minuman alami dan menyegarkan ini. Selama menstruasi pastikan kamu mengonsumsi banyak air ya Sahabat Hawa. Dengan mengonsumsi dua liter air setiap hari, setidaknya kamu akan terhidrasi dengan baik dan air putih mampu membawa keseimbangan dalam tubuh kamu. Selain itu, jika kamu yang merupakan penggemar teh atau kopi, kurangi konsumsinya karena minuman berkafein hanya menambahkan ketidaknyamanan perut kamu lho.

Pisang

 

ebae33c9b61b4a4603f8d25c99f1e0d21054286565.jpg

Pisang merupakan salah satu sumber terbaik potasium. Buah berkulit kuning ini juga kaya akan vitamin B dan mampu melancarkan buang air besar. Ketika menstruasi makanlah 1-2 pisang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya serta melawan rasa nyeri. Kamu juga bisa membuatnya menjadi smoothie pisang untuk mendapatkan manfaat ganda dari kalsiumnya.

Buah berry

Raspberry, cranberry, stroberi, blueberry, ceri merupakan buah-buah yang sangat lezat dan sehat untuk dikonsumsi selama masa menstruasi. Konsumsilah satu di antara beberapa buah tersebut setiap kali kamu merasa sakit dan butuh penyegaran.

Kalsium

Konsumsilah kalsium dalam bentuk apapun yang kamu inginkan, baik itu susu atau non-susu. Kamu pun dapat mengonsumsi yoghurt, buttermilk dan keju. Selain itu ada juga brokoli dan kol.

Cokelat

Adanya kandungan kafein dan banyaknya gula dalam cokelat membuat makanan ini diperdebatkan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Tapi ternyata, cokelat juga bisa memberikan manfaat. Jika kamu mengonsumsi cokelat hitam, kamu akan mendapatkan dosis magnesium yang cukup dan dibutuhkan selama menstruasi. Selain itu, cokelat juga mampu memicu produksi serotonin. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati kamu selama masa sulit menstruasi.

Sayuran hijau

Manfaat sayuran hijau sudah tak bisa dielakkan lagi. Sayuran hijau pun ternyata juga bermanfaat sebagai makanan pereda nyeri menstruasi. Sayuran hijau merupakan sumber zat besi terbaik yang diperlukan tubuh ketika menstruasi. Kamu bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau bisa dimasak.

Ikan

Jika kamu menyukai ikan, kamu pasti akan menyukai makan tuna dan salmon selama masa menstruasi kamu. Kedua ikan yang kaya akan omega 3 dan memainkan peran membantu dalam relaksasi otot-otot. Hal ini sangat diperlukan selama kram menyiksa perut kamu.

Daging merah

Seperti yang kamu ketahui, selama menstruasi kamu akan kehilangan beberapa tetes darah. Hal ini membuat kamu harus memasukan sumber zat besi di dalam menu makananmu saat menstruasi. Dan zat besi tersebut dapat kamuperoleh dari daging. Jika kamu menyukai daging merah ini adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri jika sebelumnya selalu saja ada alasan untuk menghindari daging.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat selama menstruasi, kamu juga dapat mencoba untuk olahraga teratur demi menjaga tubuh tetap bugar. Tubuh yang selalu dibawa berolahraga akan lebih siap menghadapi serangan nyeri saat menstruasi.

Silahkan dicoba Sahabat Hawa!

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s