Ini Tips Mencegah Berat Badan Berlebihan Bagi Kamu Yang Hamil

Saat hamil, wajar jika kamu harus makan lebih banyak makanan dari biasanya ya Sahabat Hawa. Kamu juga tidak perlu diet karena asupan nutrisi yang lengkap dan porsi makan yang lebih besar justru baik untuk kebutuhan tubuhmu dan bayi dalam kandungan.

Karena sekarang kamu tidak lagi makan untuk dirimu sendiri saja, namun juga harus memenuhi makanan buah hatimu di dalam kandungan. Akan tetapi, karena porsi makanan yang meningkat menjadi dua kali lebih besar disbanding saat kamu belum hamil, membuat kaum wanita sering mengabaikan berat badan lho.

Bumil merasa bisa makan apa saja sesuka hatinya, pada akhirnya berat badan naik drastis karena makan tak beraturan dan setelah melahirkan, biasanya kamu menjadi cenderung sulit menurunkan berat badan lagi.

Padahal menurut penelitian, berat badan berlebih ibu saat hamil juga bisa memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan anak lho. Dilansir dari Parenting.com, ahli nutrisi dan kehamilan Dr. Liz Applegate, mengatakan bahwa kenaikan berat badan saat hamil yang sehat itu sekitar 11-13 kilogram saja.

Jika sebelum hamil tubuhmu terlalu kurus, tentu kenaikan berat badan disarankan lebih dari 13 kg, karena ibu hamil terlalu kurus bisa membahayakan kandungan dan kesehatan tubuh kamu sendiri. Begitu juga jika kelebihan berat badan, sebaiknya tidak lebih dari 13 kilogram ya Sahabat Hawa.

Selama ini, aturan “makan 2 porsi” atau “makan untuk 2 orang” saat hamil itu salah. Hal inilah yang menyebabkan bumil kelebihan berat badan dan terlalu gemuk saat hamil. Untuk mencegah hal ini, kamu harus mengimbanginya dengan olahraga, serta konsumsi sayur dan buah.

Konsepnya hampir sama dengan diet menurunkan berat badan, hanya saja tidak perlu membatasi porsi makanan. Saat diet, terkadang orang masih membatasi asupan sayur dan buah. Saat hamil, pilih sayur dan buah yang membantu perkembangan janin dan jauhi makanan yang tentunya tidak baik untuk kehamilan.

Dengan mengatur pola makan saat hamil, kamu tetap bisa menurunkan berat badan dengan cepat setelah melahirkan dan tidak terjebak dengan tumpukan lemak setelah melahirkan.

Makan berlebih saathamil bisa membuat kamu cenderung mengalami obesitas, dan tentunya dapat berbahaya untuk diri kamu Sahabat Hawa. Jika ingin mencegah obesitas, sebagian besar pola makan ibu hamil sebaiknya mengandung makanan padat gizi seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian. Serta makannya dalam porsi kecil namun frekuensinya sering.

Umumnya kamu saat hamil akan kesulitan untuk berhenti mengunyah ya. nah jika hal ini tidak dikontrol, berat badanmu bisa terlampau naik. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengubah camilan kamu ya, seperti yoghurt dengan buah segar, kacang dengan kismis, buah segar, baby wortel, keju dan cracker gandum, serta telur rebus. Ibu hamil bisa membawa makanan ringan sehat ini ketika bepergian keluar rumah, sehingga tidak tergoda membeli makanan yang dijual di pinggir jalan atau fast food.

Ini adalah cara mudah yang bisa kamu terapkan mulai sekarang ya Sahabat Hawa. So, camilan apa yang kamu sukai saat hamil Sahabat Hawa? Share yuk.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s