Mengapa Menstruasi Sering Tak Teratur Setelah Melahirkan?

Sahabat Hawa, Setelah melalui  proses kehamilan selama 9 bulan dan melahirkan, sebagian wanita kerap khawatir karena siklus haidnya menjadi tak teratur dan lama kembali ke siklus sebelumnya. Lalu apa yang menyenankan hal ini terjadi ?
 
Dialnsir dari detikcom menurut Roshini Rajapaksa, MD, dari NYU School of Medicine, terjadi perubahan hormon pada wanita yang hamil dan baru melahirkan. Salah satunya adalah pada hormon estrogen, yang diproduksi lebih banyak selama hari kehamilan. 
 
 
Hormon lain seperti progesteron dan Human chorionic gonadotropin (HCG) juga mengalami perubahan seiring proses kehamilan dan melahirkan. Perubahan produksi kadar hormon ini seringkali tidak benar-benar bertahan selama 9 bulam kehamilan saja, tetapi lebih lama lagi. Bahkan pada sebagian wanita kondisi ini bisa tetap bertahan sampai ia selesai melahirkan dan selesai menyusui.
 
Perubahan-perubahan kadar berpengaruh langsung terhadap siklus haid seorang wanita. Ada kemungkinan juga siklus haidnya menjadi sulit untuk dihitung dan diperkirakan lagi. “Beberapa wanita mengalami pergeseran pola (perbedaan gejala PMS, kram, durasi atau berat, perubahan mood atau semua di atas) setelah bayi pertama mereka, tapi bisa juga berubah lagi pada anak kedua atau ketiga,” ujar Rajapaksa, seperti dikutip dari Health.com 
 
Meskipun demikian, bukan berarti semua wanita akan mengalami hal ini setelah melewati masa kehamilan dan melahirkan. Menurut Rajapaksa, ada pula wanita yang tidak mengalaminya, bahkan siklus haidnya bisa kembali normal dalam waktu yang cepat dibandingkan wanita lainnya.
 
 
“Tak cuma setelah melahirkan, siklus haid juga dapat mengalami perubahan mulai usia 30-an sebagai akibat dari penurunan kadar hormon estrogen. Jadi, siklus haid faktanya dipengaruhi oleh kombinasi faktor,” imbuh Rajapaksa.
 
Oleh sebab itu, masih wajar jika beberapa waktu pasca melahirkan siklus haid Anda tak bisa langsung teratur seperti semula. Namun jika terjadi perdarahan atau muncul nyeri hebat selama siklus haid muncul, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.
 
Hal ini bisa jadi bisa jadi disebabkan oleh penumpukan dari bagian plasenta, tapi bisa juga mengindikasikan adanya infeksi yang tertunda di rahim. Untuk itu jika menemukan gejala yang tidak baik segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 
fhawa
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s