Oh, Ternyata Ini Penyebab Miss V Gatal Saat Haid

Saat haid, tentunya banyak hal yang membuat kamu menjadi tidak nyaman ya Sahabat Hawa? hal itu bisa disebabkan karena pembalut yang kamu kenakan atau nyeri dank ram saat haid ya. Asisten profesor ilmu obstetri, ginekologi, dan reproduksi, Suzanne Fenske, MD, memberi penjelasan spesifik dibalik penyebab ketidaknyamanan ini.

“Satu hal yang menjadi pemicu masalah ini adalah darah menstruasi yang lama keluar bisa memicu iritasi. Tentu ini tergantung kapan rasa gatal muncul saat menstruasi,” kata ahli dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai.

Selain itu, saat haid Miss V kamu bisa saja menjadi gatal disbanding hari-hari biasanya. Pemicu gatal di area vagina atau Miss V ini bisa disebabkan karena adanya kecenderungan peradangan yang tinggi saat menstruasi. “Kecenderungan ini bisa menyebabkan gatal di daerah tersebut ketika meradang. Itu adalah respons dari histamin,” tambahnya.

itchy-breast02

Tidak hanya itu saja, kemungkinan MIiss V kamu gatal karena terinfeski bakteri vaginosis dan jamur saat menstruasi. Tapi, kebanyakan wanita tidak menyadari ini saat menstruasi. “Jika kamu merasa gatal di area Miss V yang disebabkan infeksi bakteri atau jamur, baiknya segera cek ke dokter,” sarannya.

Berikut adalah beberapa alasan Miss V kamu gatal saat haid, di antaranya:

Perubahan pH vagina sebelum haid

Bila infeksi biasanya muncul kira-kira seminggu sebelum kamu datang bulan, besar kemungkinan penyebabnya adalah perubahan kadar pH di area vagina. Sebelum kamu menstruasi, hormon estrogenmu menurun cukup drastis. Hal ini menyebabkan keseimbangan bakteri baik di vagina terganggu. Dengan berkurangnya bakteri baik, maka vagina pun lebih rentan diserang jamur.

Jarang ganti pembalut

Infeksi ragi vagina juga bisa muncul saat kamu haid hingga seminggu setelahnya. Jika ini yang biasanya kamu alami tiap bulan, bisa jadi penyebabnya adalah kamu jarang ganti pembalut. Terlalu lama mengenakan pembalut yang sama membuat vagina jadi lembap. Kondisi vagina yang lembap akhirnya jadi sarang yang nyaman bagi pertumbuhan jamur.

Salah pilih celana dalam atau pembalut

Celana dalam dan pembalut dari bahan sintetis bisa menyebabkan iritasi karena kurangnya sirkulasi udara. Pembalut yang mengandung pewangi tertentu juga bisa sebabkan iritasi pada jaringan vagina yang sangat peka. Iritasi akan membuat area kewanitaanmu lebih rentan terhadap pertumbuhan dan infeksi jamur.

Infeksi ragi vagina umumnya tidak membahayakan dan bisa segera diatasi. Jika kamu memang mengalami hal ini, segera lakukan beberapa hal ini, yaitu:

Periksa ke dokter

Dokter akan memberikan obat-obatan antijamur yang ampuh menghentikan infeksi. Bila infeksinya cukup serius, dokter mungkin meresepkan pengobatan tertentu yang harus dijalani selama kurang lebih enam bulan.

Pakai celana yang nyaman dan pembalut tak berpewangi

Pilih yang bahan dasarnya katun dan bisa menyediakan sirkulasi udara yang baik untuk vagina. Jangan pakai pembalut yang mengandung zat kimia tambahan seperti parfum atau deodoran.

Rutin ganti pembalut

Untuk mencegah vagina gatal saat haid, kamu harus ganti pembalut paling tidak setiap empat jam sekali.

Kurangi makanan manis dan tinggi karbohidrat

Jamur dan bakteri jahat di vagina akan berkembang biak makin pesat kalau kamu banyak mengonsumsi makanan yang manis dan tinggi karbohidrat.

Jangan cuci vagina dengan sabun

Sabun kewanitaan atau sabun mandi kamu mengandung bahan kimia, yang sebenarnya tidak cocok untuk vagina. Sabun kewanitaan justru akan mengacaukan kadar pH sehingga bakteri baik yang bertugas untuk menjaga kesehatan vagina ikut mati.

So, apakah kamu kerap mengalami Miss V gatal saat haid? Komen yuk di bawah Sahabat Hawa.

VHawa

Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s