Duh, Ini 4 Masalah Kulit Pada Bayi yang Bisa Bikin Ibu Panik

Kulit bayi memang masih sangat rentan dan sensitif terhadap bakteri, kuman, apalagi debu yang menempel pada pakaiannya. Tidak jarang bayi selalu mengalami masalah kulit yang membuatnya rewel seharian bahkan hingga tidak bisa tidur. Kalau sudah begini biasanya para orang tua terutama para ibu merasa stres dan sangat khawatir dengan masalah kulit yang dialami Si kecil. seperti 4 masalah kulit di bawah ini yang sering menyerang Si kecil.
 
1. Ruam Merah
Gangguan kulit seperti ruam merah (intertrigo) paling sering dialami oleh bayi terutama di bagian lipatan tubuh seperti leher, paha, ketiak, daan juga selangkangan. Kondisi kulit ruam-ruam merah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti popok bayi yang tidak cocok, bedak dan juga bayi bertubuh gemuk. Untuk mengatasinya, sahabat hawa sebaiknya memeriksakan Si kecil ke dokter spesialis kulit anak agar mendapat penanganan lebih cepat.
 
 
2. Kerak Kulit 
Mungkin sahabat hawa yang sudah memiliki anak pernah mengalami masalah kulit bayi seperti ini? Ya! kerak kulit atau cradle cap ini biasanya terjadi karena faktor kelenjar minyak yang berlebih pada kulit kepala. Awalnya akan muncul seperti ketombe, namun lama kelamaan kulit kepala bayi terdapat kerak yang mengering dan jika tidak cepat ditangani akan menyebabkan borok.
 
3. Jerawat
Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami masalah kulit seperti jerawat. Namun bedanya, jerawat pada bayi ini disebabkan oleh kelebihan hormon pada saat di dalam kandungan. Biasanya jerawat akan muncul di bagian-bagian tubuh seperti hidung, pipi dan juga dahi.
 
 
4. Eksim 
Terdapat dua jenis penyakit kulit eksim yakni basah dan kering. Nah, ciri-ciri yang ditimbulkan pada masalah kulit ini adalah munculnya ruam merah yang agak besar, kulit berkerak merah, dan ada juga yang bergelembung berisi cairan. Untuk mengatasi dengan cepat, kamu harus membawa Si kecil ke dokter spesialis kulit agar diberikan cream khusus untuk menghilangkan ruam merah.
Sebagai ibu wajar jika merasa khawatir jika terjadi gangguan pada kulit bayi. Nah, langkah yang paling baik adalah segera membawa Si kecil ke dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
VN-Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s