Penting! Kenali Ciri-ciri Kehamilan Ektopik Sejak Dini

Kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan merupakan kasus yang banyak terjadi. Kondisi ini dimana sel telur yang sudah dibuahi menempel di organ lain selain rahim. Biasanya tempat tidak tepat sel telur mengembang yaitu pada tuba falopi, leher rahim, rongga perut dan ovarium. Penyebab umum terjadinya kehamilan ektopik karena peradangan atau inflamasi yang menyebabkan sel telur tidak bisa masuk ke dalam rahim. Adapun ciri-ciri kehamilan ektopik yang harus sahabat hawa ketahui seperti di bawah ini. 
 
1. Sakit Pada perut Bagian Bawah
 
Ketika kehamilan ektopik terjadi makan akan terasa nyeri di bagian perut bawah. Namun rasa nyeri ini terjadi di salah satu bagian perut, kanan atau kiri. Nah, hal ini terjadi karena kehamilan ektopik mengalami gangguan. 
 

 
 
2. Pendarahan Pada Vagina
 
Salah satu gejala lain kehamilan ektopik adalah terjadinya pendarahan di vagina. Darah yang keluar biasanya berwarna kecoklatan atau merah mirip seperti flek saat menjelang menstruasi. 
 

 
3. Mual dan Diare
 
Mirip seperti hamil sungguhan, kehamilan ektopik juga diikuti dengan gejala mual, muntah hingga diare. Namun gejala-gejala ini masih jarang terjadi. Sebaiknya jika sahabat hawa mengalami gejala ini segera memeriksakannya lebih lanjut ke dokter kandungan. 
 

 
4. Sakit Saat BAB
 
Gejalan kehamilan ektopik lainnya adalah rasa nyeri di usus dan sakit ketika sedang buang air besar. Hal ini terjadi karena terjadi tekanan pada rektum (anus) yang menimbulkan rasa nyeri. 
 

 
Kehamilan ektopik disebabkan karena embrio yang tidak berkembang dengan sempurna dan tidak pada tempatnya. Oleh sebab itu tidak ada jalan lain selain menggugurkannya. 
 
 
VN-Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s