Berapa Lama ASI Perah Bisa Bertahan Dalam Suhu Ruangan?

Sebagai ibu bekerja tentunya kita tidak bisa lupa kewajiban untuk mengurus anak dan menyiapkan ASI untuknya. Terlebih jika anak masih berusia di bawah dua tahun, dimana Si kecil masih mendapatkan asupan ASI eksklusif. Nah, dilema sebagai ibu bekerja adalah harus memerah ASI setiap hari untuk Si kecil. Namun jika persediaan ASI di rumah sudah habis, mau tidak mau kita harus memerah ASI di kantor dan mengirimnya ke rumah. Sedangkan ASI perah hanya bisa bertahan 3-8 jam di dalam suhu ruangan. Lantas bagaimana tips menyimpan ASI perah yang benar?
 
1. Gunakan Botol yang Benar-benar Bersih 
 
Saat ingin memerah ASI pastikan bunda menggunakan botol yang sudah benar-benar bersih dan tidak ada lagi bekas noda susu yang tertinggal. Karena hal ini untuk menghindari bakteri bersarang di dalam botol susu yang membuat ASI perah cepat basi. 
 

 
 
2. Sediakan Kotak Peyimpanan 
 
Setelah selesai memerah ASI untuk Si kecil yang berada di rumah, selanjutnya tutup botol hingga rapat. Setelah itu masukan ke dalam kotak penyimpanan ASI. Jika moms memiliki kotak dengan es batu, maka ASI bisa bertahan hingga 24 jam. 
 

 
 
3. Gunakan Kotak Styrofoam
 
Jika bunda tidak memiliki kotak pendingin (cool box), kamu bisa menggunakan kotak styrofoam kecil. Pastikan juga kotak styrofoam bersih dan bukan bekas digunakan sebagai tempat makanan. Karena aroma makanan yang menyengat, bisa mempengaruhi kualitas ASI. 
 

 
 
 
Nah, yang paling terpenting adalah menjaga kebersihan wadah ASI agar tidak terkontaminasi bakteri yang membuat ASI cepat basi. 
 
VN-Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s