Ini Sebabnya Tuba Falopi Tersumbat Sehingga Wanita Sulit Hamil

Tuba falopi merupakan organ kewanitaan yang sangat utama untuk menghubungkan ovarium dengan rahim. Tuba falopi ini adalah saluran yang sangat halus dan bekerja sebagai penghubung sel telur dan sperma agar dapat bertemu, sehingga pembuahan dapat terjadi. Namun beberapa kasus yang terjadi adalah banyak wanita yang mengalami penyumbatan tuba falopi, sehingga sel telur tidak bisa berjalan menuju rahim dan bertemu dengan sperma. Untuk mengatasi tuba falopi tersumbat, biasanya akan dilakukan operasi untuk menghilangkan sumbatan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa tuba falopi tersumbat.
1. Pertumbuhan Bakteri 
Tersumbatnya saluran tuba falopi bisa juga diakibatkan oleh tumbuhnya bakteri yang berasal dari vagina dan menyebar hingga ke rahim dan akhirnya sampai pada tuba falopi. Nah, dari beberapa kasus biasanya bakteri ini muncul karena hubungan seksual atau seks bebas. Hal ini bisa menyebabkan tuba falopi membengkak dan terjadi peradangan.
 
 
2. Infeksi Penyakit Menular
Penyebab lain tuba falopi mengalami sumbatan adalah terjadinya kontraksi penyakit menular seperti gonore dan klamidia. Bakteri ini bisa menyebar hingga ke ovarium dan rahim sehingga menutup saluran tuba falopi sepenuhnya. Hal ini yang menyebabkan sel telur tidak akan bisa bertemu sperma hingga sampai ke dalam rahim.
 
3. Radang Panggul
Perdangan yang terjadi pada organ-organ reproduksi akan menimbulkan infeksi bakteri dan virus yang bisa menyerang tuba falopi. Selain itu penyumbatan juga bisa terjadi karena beberapa hal seperti, riwayat usus buntu, TBC usus, kehamilan ektopik, dan kista endometriosis.
4. Bakteri Mycoplasma 
Bakteri ini juga tidak kalah berbahaya karena dapat menyebar ke saluran tuba melalui pembuluh limfatik. Selain itu infeksi yang meyerang tuba falopi juga bisa mengakibatkan tuba membengkak dan meradang sehingga nanah memenuhi saluran tuba.
Gejala pada penyumbatan tuba falopi biasanya tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun yang harus sahabat hawa lakukan adalah memeriksa organ reproduksi sedini mungkin.
VN-Hawa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s