Kapan Waktu yang Tepat Untuk Si Kecil Menyikat Gigi?

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut pada anak memang harus diajarkan sejak dini. Hal ini harus bunda lakukan agar Si kecil tumbuh dan terbiasa hidup sehat dan bersih. Bahkan menjaga kesehatan mulut harus bunda lakukan sejak anak masih bayi dengan membersihkan mulut dan lidah setelah Si kecil menyusu. Untuk menjaga kesehatan mulut tentunya anak harus diajarkan untuk rajin mneyikat gigi. Tapi, kapan sih waktu yang tepat untuk Si kecil belajar menyikat gigi ?
 
Gigi bayi umumnya akan mulai tampak pada usia 6-10 bulan dan akan tumbuh secara lengkap saat ia berusia 3 tahun. Nah saat usia Si kecil menginjak 2 atau 3 tahun, bunda sudah bisa lho mengarkan anak untuk menyikat giginya dua kali sehari ketika mandi. 
 
Jenis Pasta Gigi yang Pas untuk Si Kecil? 
 
Untuk balita usia ada baiknya menggunakan pasta gigi khusus anak-anak, dimana kandungan flouride dan detergen yang sedikit. Selain itu hindari pasta gigi yang mengandung pemutih  ya bun, sehingga aman bagi Si kecil jika tertelan. 
 

 
Bagaimana Cara Mengajarkan Si Kecil Menyikat Gigi? 
 
Ajak Si kecil untuk menyikat gigi saat mandi pagi dan sebelum tidur. Lakukan kegiatan menyikat gigi di depan cermin agar bunda bisa lebih mudah mengajarkan gerakan menyikat gigi. Selain itu ajarkaan juga Si kecil untuk meludah lalu berkumur setelah menyikat gigi ya, bunda. 
 

 
Bagaimana Agar Si Kecil Tidak Malas Sikat Gigi? 
 
Membiasakan anak untuk rutin menyikat gigi memang tidak mudah, namun bisa dilakukan jika bunda rajin mengingatkannya soal kebersihan. Selain itu bunda juga bisa menasihati Si kecil dengan memberitahunya bahwa jika jarang menyikat gigi maka gigi bisa bolong dan kuman berkumpul di dalam mulut. 
 

 
 
Saat ini sudah sangat banyak produk pasta gigi khusus anak yang banyak dijual. Nah, terlebih sikat gigi dengan beragam bentuk lucu akan membuat Si kecil senang menyikat gigi. 
 
 
VN-Hawa 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s