Kenapa Sih Antibiotik harus Dihabiskan?

Setiap kali kita berobat ke dokter pasti akan diberikan beberapa obat-obatan yang berkaitan dengan penyakit yang kita keluhkan. Selain itu biasanya obat antiobiotik tidak pernah ketinggalan dalam resep obat tersebut. Biasanya dokter menyarankan untuk kita wajib menghabiskan obat antiobiotik tersebut. Sebenarnya apa sih fungsi antiobiotik dan mengapa wajib diminum sampai habis? Yuk, sahabat Hawa kita cari tahu bersama jawabannya. 
 
 
Apa fungsi antibiotik? 
 
Fungsi antiobiotik yang paling utama bagi tubuh sebenarnya untuk menghentikan perkembangan bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya di dalam tubuh. Antiobiotik ini biasanya digunakan untuk pengobatan seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Nah, pasti sahabat hawa juga pernah mengalami sakit gigi, batuk atau flu dan selalu diberikan antibiotik oleh dokter. Obat antiobiotik juga terdapat dalam tiga bentuk diantaranya, tablet, kapsul, maupun sirup. 
 
 
Lalu, mengapa antibiotik wajib diminum sampai habis? 
 
Antibiotik memang wajib diminum sampai habis, karena jika tidaak bakteri di dalam tubuh akan kebal terhadap obat antibiotik. Hal tersebut terjadi jika antibiotik tidak tuntas masuk ke dalam tubuh. Selain itu antibiotik juga memiliki beberapa efek samping diantaranya diare, gatal-gatal dan dampak yang paling berbahaya adalah resistensi antibiotik, terutama jika penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter.
 
 
Apa itu resistensi antibiotik? 
 
Resistensi antibiotik merupakan kondisi dimana tubuh kamu sudah kebal terhadap antibiotik karena tidak pernah menghabiskan antibiotik sesuai anjuran dokter. Sahabat hawa juga tidak boleh menganggap remeh resistensi bakteri lho karena kondisi ini juga bsia menyebabkan kematian. 
 
 
Untuk menghindari tubuh dari berbagai gangguan kesehatan yang fatal, ada baiknya kamu mengikuti apa yang dikatakan dokter yah. Selain itu rutin mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat menghindari tubuh dari bakteri berbahaya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s