Sesensitif Apa Testpack Dalam Mendekesi Kehamilanmu ?

Meski banyak orang yang menganggap bahwa menggunakan test pack adalah hal yang mudah, namun ternyata masih ada orang yang melakukan kesalahan bahkan dalam hal yang paling sederhana.
 
Memulai program hamil mungkin menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh kebanyakan pasangan baru. Untuk merencanakan kehamilan pertama, banyak pasangan yang mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mengecek sendiri kehamilan. Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sejak dini.
 
Sayangnya, banyak dari pasangan baru yang kurang paham bagaimana caranya untuk tes kehamilan sendiri. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah waktu serta teknik tes kehamilan. Akibatnya, hasil yang didapatkan jadi kurang akurat sehingga kehamilan jadi kurang pasti. Hmmm… lalu kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan sendiri?
 
Cara kerja test pack
Sebelum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan, hal yang paling penting adalah mengetahui cara kerja alat pendeteksi kehamilan atau biasa disebut test pack. Alat ini dapat mengetahui apakah Mum hamil atau tidak dengan mendeteksi kehadiran hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di urin.
 
Hormon tersebut diproduksi oleh sel yang mengembangkan plasenta dalam rahim. Hormon ini masuk ke aliran darah ketika sel telur yang dibuahi mulai menempel di dinding rahim, sekitar 6 hari setelah pembuahan. Jumlah hCG akan meningkat setelah beberapa hari, bahkan berganda tiap dua hari sekali. Ketika test pack mendeteksi hormon tersebut dalam urin Mum, maka alat ini akan menunjukkan hasil positif yang biasanya ditandai dengan dua garis.
 
 
Waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan sendiri
Beberapa test pack mengklaim bahwa mereka dapat memberikan hasil paling maksimal setidaknya lima hari sebelum hari perkiraan menstruasi berikutnya. Kebanyakan wanita juga akan memproduksi hCG yang cukup untuk mendapatkan hasil positif pada waktu yang sama. Jadi, bila Mum memang penasaran, cobalah untuk melakukan tes kehamilan sendiri. Bila mendapat hasil yang negatif, tunggu beberapa hari lagi selama Mum belum menstruasi.
 
Kebanyakan test pack mengklaim akurat bahkan lebih dari 99% ketika Mum menggunakannya ketika telat menstruasi. Namun, ada juga penelitian yang menemukan bahwa beberapa test pack memang kurang sensitif untuk menjamin keakurasian hasil tes kehamilan.
 
Intinya adalah, bila Mum ingin mendapatkan hasil paling akurat, tunggu beberapa hari hingga seminggu setelah periode menstruasi yang telah diprediksikan sebelum melakukan tes kehamilan.
 
Trik tes kehamilan dengan hasil yang akurat
Ketika melakukan tes kehamilan, yang pertama kali Mum harus lakukan adalah mengecek tanggal kadaluarsa test pack, khususnya bila test pack tersebut telah Mum miliki bahkan sebelum program kehamilan. Bila Mum menyimpannya di tempat yang lembab seperti di kamar mandi, mungkin test pack sudah rusak. Ada baiknya bila Mum membeli test pack baru.
 
 
Untuk hasil yang paling sempurna, cobalah untuk melakukan tes di pagi hari sesaat setelah bangun tidur, ketika urin sangat pekat. Baca aturan penggunaan dengan hati-hati karena beberapa merk test pack memiliki langkah-langkah yang berbeda. Beberapa produk mengharuskan Mum untuk buang air kecil di cangkir yang disediakan kemudian mencelupkan detektor ke air seni. Ada juga produk yang hanya butuh disentuhkan dengan urin ketika buang air kecil.
 
Bila hasil yang muncul masih negatif dan Mum masih belum menstruasi, ada baiknya tunggu hingga beberapa hari atau satu minggu. Biasanya hal ini terjadi akibat ovulasi yang terlambat atau tes dilakukan terlalu dini.
 
Jadi, jangan pernah menganggap bahwa dengan satu hasil saja dapat memutuskan bahwa Mum tidak hamil. Jumlah hCG yang diproduksi berbeda-beda untuk tiap wanita dan bervariasi untuk setiap kehamilan. Meski hasil tes di masa kehamilan pertama langsung muncul saat tes pertama, belum tentu juga masa kehamilan selanjutnya muncul di masa yang sama.
fhawa
 
Dapatkan informasi seputar tips kesehatan, kehamilan dan seputar dunia wanita dengan mendownload aplikasi Hawa. Atur juga jadwal menstruasi dan masa subur dalam kalender pintar Hawa. Hawa, Sahabat Terbaikmu
 
copy-of-ads169410459

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s