Ini Waktu yang Tepat Memberi Garam Pada Makanan Bayi!

Menjelang usia 6 bulan bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) untu mengajarkan ia mengenal makanan dan rasa. Saat usia MPASI berikan Si kecil berbagai makanan sehat seperti bubur yang dikombinasikan dengan sayur, ikan, atau daging yang dihaluskan. Selain itu bunda juga harus memberikan asupan buah-buahan yang dihaluskan tanpa campuran gula. Pemberian MPASI pada bayi, bunda tak perlu menambahkan perasa seperti garam atau gula. Karena hal tersebut bisa membuat bayi terbiasa dengan makanan asin, sehingga ketika ia diberi sayur maka Si kecil akan menolak. Selain itu jika sudah diberikan garam saat usia 6 bulan, maka bayi akan terbiasa dengan makanan yang asin ketika ia besar nanti. Tentunya itu tidak baik bukan bun? 
 
 
Lalu, kapan waktu yang tepat memberi garam pada makanan bayi? 
 
Usia 1-2 tahun ke atas merupakan waktu yang tepat untuk memberikan garam pada makanan Si kecil. Namun, dalam satu hari bayi hanya membutuhkan kurang dari 1 gram garam untuk asupannya. Pemberian garam ini untuk merangsang agar Si kecil doyan makan dan makanan agar terasa lebihi enak. Namun beberapa ahli kesehatan, menyarankan para ibu boleh mengenalkan garam pada Si kecil saat usianya menginjak usia 3 tahun namun hanya sebesae 2 gram per hari. Perlu diketahui bahwa, sebenarnya bayi sudah mengenal rasa asin semenjak ia lahir lho, karena ASI juga memiliki kandungan garam yang alami. 
 

 
 
Apa bahayanya jika memberikan garam saat usia bayi di bawah 12 bulan? 
 
Jika bunda tetap ingin menambahkan garam pada menu MPAS Si kecil, makan dampak yang akan timbul adalah gangguan pada ginjal bayi. Hal ini terjadi karena ginjal bayi belum bisa mencerna garam dan akibatnya juga bisa menyebabkan hipertensi serta gangguan ginjal saat ia dewasa nanti. 
 

 
 
Berikut ini  Inilah batas maksimum kadar garam dalam tubuh bayi sesuai usianya:
 
Usia 0-12 bulan, kurang dari 1 gram (0,4 gram sodium)
Usia 1-2 tahun, 2 gram (0,8 gram sodium)
Usia 4-6 tahun, 3 gram (1,2 gram sodium)
Usia 7-10 tahun, 5 gram (2 gram sodium)
Usia 11 tahun keatas, 6 gram (2,4 gram sodium)
 
 
 
VN-Hawa 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s